BREAKING NEWS

Veronica Koman Ditetapkan Sebagai Tersangka, Terkait Provokasi di Asrama Papua

Veronica Koman ditetapkan sebagai tersangka provokasi di Asrama Papua. Ia diduga aktif menyebarkan pesan provokasi melaui akun twitter pribadinya

Veronica Koman Ditetapkan Sebagai Tersangka, Terkait Provokasi di Asrama Papua
Tribun Jatim
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan memberikan keterangan pers terkait persiapan keamanan menyambut final Piala Presiden 2019 antara Persebaya Surabaya vs Arema Malang. 

TRIBUN BATAM.ID-  Akibat melakukan provokasi melalui media twitter,  Polda Jawa Timur menetapkan aktivis Papua, Veronica Koman sebagai tersangka provokasi di Asrama Mahasiswa Papua, Surabaya, Jawa Timur (04/09/2019).

Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan menyebut Veronica Koman ditetapkan tersangka setelah Selasa malam penyidik melakukan gelar perkara. 

"Sebelumnya, dia dipanggil 2 kali sebagai saksi untuk tersangka Tri Susanti, namun tidak hadir," terangnya.

Yuki Kato Perankan Alissa Di Pretty Little Liars. Siapakah Dia?

Veronica Koman disebut sangat aktif melakukan provokasi di media sosial tentang isu-isu Papua.

"Yang bersangkutan sendiri tidak ada di lokasi saat aksi protes bendera di Asrama Papua Surabaya 16 Agustus lalu.

Saat itu dia dikabarkan berada di luar negeri," terang Luki.

Namun meski tidak ada di lokasi, Veronica melalui akun media sosialnya sangat aktif mengunggah ungkapan maupun foto yang bernada provokasi.

Sebagian unggahan menggunakan bahasa Inggris.

Luki menyebut beberapa postingan bernada provokasi seperti pada 18 Agustus 2019, "Mobilisasi aksi monyet turun ke jalan untuk besok di Jayapura", ada juga "Moment polisi mulai tembak asrama Papua.

Total 23 tembakan dan gas air mata".

Selain itu juga ada postingan "Anak-anak tidak makan selama 24 jam, haus dan terkurung disuruh keluar ke lautan massa". Lalu, "43 mahasiswa Papua ditangkap tanpa alasan yang jelas, 5 terluka, 1 terkena tembakan gas air mata". 

Masyarakat Butuh Capim KPK Berintegritas Tinggi

Dalam rangkaian kasus ini, sebelumnya polisi sudah menahan dan menetapkan tersangka seorang korlap aksi Tri Susanti, dan seorang pegawai PNS Pemkot yang bertugas di Kecamatan Tegalsari, Syamsul Arifin.

Atas perbuatannya, menurut Luki, Veronica bakal dijerat dengan pasal berlapis. Di antaranya UU KUHP 160 UU ITE dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Veronica Koman Jadi Tersangka Kasus Demo Asrama Papua Surabaya"https://regional.kompas.com/read/2019/09/04/14031821/veronica-koman-jadi-tersangka-kasus-demo-asrama-papua-surabaya?page=all&utm_source=Google&utm_medium=Newstand&utm_campaign=partner

Dukung Papua, Mahasiswa Lakukan Aksi Teatrikal di Bundaran BP Batam

Editor: Hanifa yusliha rohmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved