BATAM TERKINI

Polisi Gelar Razia, 50 Pemilik Motor Langsung Sidang di Tempat

Tertangkap razia Operasi Patuh Seligi 2019, 50 pengendara langsung menjalani sidang di ruangan pembuatan SIM Mapolresta Barelang, Selasa (3/9/2019).

Polisi Gelar Razia, 50 Pemilik Motor Langsung Sidang di Tempat
TRIBUNBATAM.ID/BERES LUMBANTOBING
Hakim memimpin sidang di Kantor Polresta Barelang. Setelah razia, operasi Patuh Seligi dilakukan kini banyak kendaraan yang terjaring dan langsung disidang di kantor pembuatan SIM Lantas Polresta Barelang, Rabu (4/9/2019). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Operasi Patuh Seligi 2019 yang digelar Polri terus memburu pengendara yang tidak taat aturan sehingga membuat para pengendara ketakutan jika tak memiliki surat-surat dan kelengkapan kendaraan.

Apalagi, operasi yang dilakukan secara mendadak di beberapa titik lokasi jalan oleh Satuan Lalu Lintas tidak ada informasi awal.

Bahkan operasi patuh seligi 2019 tidak hanya mengecek kelengkapan kendaraan dan surat-surat, namun juga para pelanggar langsung disidang.

Hingga hari ke-5 operasi digelar Satlantas Polres Kota Batam telah berhasil mengamankan 885 unit kendaraan. Sebanyak 50 unit di antaranya langsung menjalani sidang di ruangan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Mapolresta Barelang, Selasa (3/9/2019).

Bagi para pengendara yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat baik itu SIM dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) langsung diarahkan untuk mengikuti persidangan.

Wakasat Lantas Polresta Barelang, AKP Kartijo mengatakan sidang di tempat ini baru pertama kalinya dilakukan sejak operasi patuh seligi 2019.

“Baru pertama kali sidang di tempat,” ujar Kartijo.

Polisi Rutin Gelar Razia, Warga Ramai-ramai Buat SIM di Mapolresta Barelang

Kepala Baur Tilang, Brigadir Mashuri, Rabu (4/9/2019) merincikan hasil kendaraan yang ikut disidang sebanyak 50 unit. Dengan hasil yang dilakukan penindakan Tilang, Roda 2 sebanyak 32 unit, STNK sebanyak 11 buah dan SIM sebanyak 7 buah, terangnya.

Operasi patuh seligi ini dilaksanakan sejak tanggal 29 Agustus 2019 sampai 11 September 2019.

Karena sering dilakukan razia gabungan Polresta Barelang bersama instansi terkait lainnya, berdampak pada minat pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Mapolresta Barelang.

Pantauan Tribun, praktek umum dr Dieci Zevrianty, di belakang Mapolresta Barelang, ramai dikunjungi masyarakat yang ingin membuat SIM. Salah satu syarat pembuatan SIM, yakni surat kesehatan.

Hingga pukul 10.10 WIB atau 1 jam setelah dibuka, nomor antrean sudah 165. Dan masyarakat yang sudah dilayani di angka seratusan. Pratik umum ini baru buka pukul 9.00 WIB.

“Wah ramai ya," katanya.

Durasi pembuatan surat kesehatan ini memang tidak lama. Tak sampai lima menit. Setelah diperiksa kesehatannya, dokter akan membuat surat kesehatan. Selanjutnya, masyarakat membayar biaya administrasi Rp 40 ribu. (tribunbatam.id/dewi haryati/beres lumbantobing)

Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved