Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Berharap, 10 Event di Kepri Masuk Kalender Event Nasional 2020

Dinas Pariwisata Kepri dalam memasuki penghujung tahun 2019, sudah mulai mendata kegiatan yang akan diusung pada kalender event tahunan di 2020.

Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Berharap, 10 Event di Kepri Masuk Kalender Event Nasional 2020
TRIBUNBATAM.id/Roma
Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Buralimar di event Barelang Marathon 2018 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dinas Pariwisata Kepri dalam memasuki penghujung tahun 2019, sudah mulai mendata kegiatan yang akan diusung pada kalender event tahunan di 2020. 

“Kita diwajibkan menyampaikan kalender of event Kepri yang kira-kira masuk ke dalam top 10 atau sepuluh besar event nasional, dan 100 event nasional. Dan sisanya kita coba masukkan ke event crossborder," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Buralimar, belum lama ini.

Buralimar juga mengatakan bahwa untuk event Kepri, pihaknya sudah memasukkan semua aspirasi di tahun ini sehingga Dispar Provinsi Kepri sudah mengantongi total 200 event.

Panasonic Banjir Hadiah, Belanja Minimal Rp 2 Juta, Bisa Dapat Lucky Draw

“Dari situ kita nanti pilah mana yang masuk top event nasional ; yang masuk 10 besar dan yang 100 besar. Serta mana yang nanti di back up dengan anggaran crossborder. Untuk crossborder kita ada 46 event, nanti kita meetingkan dengan pemasaran satu,” jelasnya.

Rencana untuk memasukkan kegiatan ke dalam 10 dan 100 event Nasional, Buralimar mengatakan butuh usaha yang lebih untuk meyakinkan para kurator diantaranya yaitu staf ahli Genpi, Markplus serta seniman-seniman yang ada di Kemenpar.

"Kami berharap, saya berharap betul 10 event dari Kepri bisa masuk 100 top event nasional," sebut Buralimar.

Tabligh Akbar di Mesjid Agung II Batam, Camat Tergetkan 5000 Warga Batuaji Datang Untuk Memeriahkan

Di 2019 Kepri sempat mengalami penurunan jatah event yang masuk agenda teratas Kementerian Pariwisata, di tahun ini Kepri hanya mendapat 6 jatah event.

“Kita memang ada penurunan jatah. Untuk tahun ini top 10 event nasional itu termasuk IronMan. Dan 5 lagi masuk ke top 100 event yaitu Festival Penyengat, Tour de Bintan, Festival Bahari Kepri, Bintan Triathlon, dan Batam National Culture Carnival,” ucapnya.

Sebagai pembuktian bahwa Kepri mampu menggaet wisman dengan memperoleh peringkat kedua dalam masuknya wisman ke Indonesia, Buralimar berharap event Kepri bisa menjadi perhatian untuk masuk ke kalender event nasional

“Walaupun target  kemenpar itu sekitar 2,4-3,6 wisman, tapi mudah-mudahan kita bisa tembus diangka 3 juta,” tutupnya. (Tribunbatam.id/Nabella Hastin Pinakesti)

Penulis: Nabella Hastin Pinakesti
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved