Beli Rumah Pertama Tanpa KPR Bisa Ngga Ya? Begini Menurut Perencana Keuangan

Memiliki rumah sendiri adalah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Ditambah lagi, memiliki rumah dengan harga terjangkau di lokasi yang strategis

Beli Rumah Pertama Tanpa KPR Bisa Ngga Ya? Begini Menurut Perencana Keuangan
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id - Memiliki rumah sendiri adalah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Ditambah lagi, memiliki rumah dengan harga terjangkau di lokasi yang strategis.

Pekerja pertama pun kerap kali memimpikan bagaimana caranya menabung hingga akhirnya bisa membeli rumah dalam waktu tertentu.

Namun, terus naiknya harga properti membuat tidak semua orang bisa membeli rumah impian membuat pembelian rumah seakan sulit digapai.

Skema pembelian rumah seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebenarnya membantu impian kita untuk membeli rumah.

Namun, tidak semua orang ingin menggunakan skema tersebut dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah besaran bunga yang dirasa memberatkan.

Perencana Keuangan Ahmad Ghozali mengatakan, memiliki rumah pertama tanpa melalui KPR memang sulit. Sebab, harga rumah terus naik dan seringkali naiknya lebih dari keuntungan investasi.

Hanya Hari ini Promo KFC Crazy Deal, 5 Ayam Hanya Rp 49 Ribu

Turun Lagi, Emas Antam Dibanderol Rp 751 Ribu

 

"Jadi kalau berusaha ngejar harga rumah dengan cara investasi seringkali tidak terkejar," ujar dia ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (11/9/2019).

"Tapi bukan berarti nggak mungkin lho. Karena masih bisa juga beli rumah tanpa KPR dengan strategi tertentu," lanjut dia.

Yang naik itu harga tanah, bukan bangunan

Ahmad menjelaskan, salah satu opsi adalah dengan terlebih dahulu membeli tanah atau kavling tanah. Sebab, harga tanahlah yang terus menanjak, bukan harga bangunan rumah.

"Maka kunci dulu harga tanahnya.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved