HEADLINE TRIBUN BATAM

Reklamasi di Batam Center Mendadak Senyap Sejak Gubernur Kepri Tersangka

Satu di antara aktivitas reklamasi yang hampir mengancam alur pelayaran internasional di Pelabuhan Internasional Batam Center, seperti mendadak senyap

Reklamasi di Batam Center Mendadak Senyap Sejak Gubernur Kepri Tersangka
wahyu
halaman 01 TB 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sejak Gubernur Kepri (non-aktif) Nurdin Basirun dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dugaan suap dan gratifikasi izin reklamasi di Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam, sejumlah proyek reklamasi tidak ada kejelasan.

Satu di antara aktivitas reklamasi yang hampir mengancam alur pelayaran internasional di Pelabuhan Internasional Batam Center, seperti mendadak senyap.

Truk pengangkut tanah yang sebelumnya lalu lalang seperti menghilang.

"Dulu memang terjadi aktivitas reklamasi di sini. Kita tak tahu dari perusahaan mana, mau dibuat apa. Tapi kalau kita lihat hari ini, sisa reklamasi itu masih ada," kata Manager Operasional PT Synergy Tharada, Nika Astaga di Pelabuhan Internasional Batam Center, Selasa (10/9/2019).

Diakui, reklamasi ini cukup mengundang tanya mengingat undang-undang terkait navigasi, sudah diatur jarak 500 meter dari rambu pelayaran, tidak ada bangunan.

"Kalau ditanya ancamannya bagi pelayaran, sudah pasti mengancam. Karena itu tanah timbun dan ada alur internasional. Ini berdampak ke internasional," ujarnya.

Diketahui, pelabuhan internasional Batam Center sendiri, termasuk salah satu pintu gerbang wisatawan mancanegara datang ke Batam, Kepri, Indonesia.

"Kita sudah surati pemerintah, kanpel, kemana-mana sudah kita surati. Termasuk BP Batam. Kita lampirkan juga undang-undangnya," kata Nika.

Dikatakan, kawasan yang direklamasi itu termasuk dalam wilayah Teluk Tering untuk alur pelayaran.

Meski ancamannya tidak terlalu signifikan karena pelayaran tetap bisa melewati alur itu, namun dampak lainnya cukup mengganggu.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved