Video YouTube di Smartphone Lemot? Begini Cara Mengatasinya

Buffering video di YouTube memang sering dikeluhkan dan kadang menjengkelkan apalagi saat asik-asiknya nonton di smartphone.

Video YouTube di Smartphone Lemot? Begini Cara Mengatasinya
YouTube
Ilustrasi buffering YouTube 

TRIBUNBATAM.id - Buffering video di YouTube memang sering dikeluhkan dan kadang menjengkelkan apalagi saat asik-asiknya nonton di smartphone.

Selain koneksi internet yang harus stabil, ternyata ada beberapa hal yang berpotensi menghadang proses untuk memuat video di aplikasi YouTube.

Beberapa di antaranya adalah daftar riwayat tontonan (watch history) yang sudah menumpuk, hingga kualitas video yang nggak sesuai dengan kecepatan internet pengguna. 

Untuk mengatasinya, kalian bisa simak nih tips di bawah ini yang dirangkum dari GadgetsNow.

KEREN, Pasangan Bikin Hunian Nyaman Sekelas Apartemen di Truk Tua Ini

Kini Polaroid Bisa Cetak Foto Langsung dari File di Smartphone

 

1. Membersihkan " cache" riwayat tontonan

Tembolok (cache) atau space khusus di dalam memori, berfungsi untuk menyimpan konten di dalam memori untuk sementara waktu. Konten yang disimpan ini kemudian bisa dipakai kembali tanpa harus memuat konten yang sama.

YouTube sendiri menyimpan riwayat tontonan video dan riwayat pencarian video di dalam cache tadi. Nah, cache atau ruang di memori ini, meski nggak ada batas ukurannya, bisa menumpuk dan bisa menurunkan performa YouTube. 

Ada baiknya cache di YouTube ini dibersihkan secara berkala. Untuk membersihkannya, pengguna bisa meng-klik avatar sendiri (di pojok kanan atas) pada halaman awal aplikasi YouTube. 

Setelah itu, pilih menu "Settings" dan pilih "History & privacy". Kemudian, klik menu "Clear watch history" dan konfirmasi dengan mengklik tombol "Clear watch history".

Jangan lupa juga untuk menghapus riwayat pencarian video yang tersimpan di dalam cache dengan meng-klik menu "Clear search history". 

2. Menyesuaikan kualitas video

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved