SIAP-SIAP! Tahun Depan Harga Rokok Bakal Naik 35 Persen

Pemerintah telah sepakat untuk menaikkan harga cukai rokok sebesar 23%. Aturan ini ditargetkan akan berlaku mulai Januari 2020.

SIAP-SIAP! Tahun Depan Harga Rokok Bakal Naik 35 Persen
The Thaiger
Ilustrasi rokok 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA - Pemerintah telah sepakat untuk menaikkan harga cukai rokok sebesar 23%. Aturan ini ditargetkan akan berlaku mulai Januari 2020.

"Jadi sebelum Januari, peraturan menteri keuangan (PMK) sudah keluar," tutur Kepala Subdirektorat Jenderal (Kasubdit) Humas Bea Cukai Kemkeu Deni Surjantoro kepada Kontan.co.id, Jumat (13/9/2019).

Menurut Deni, kenaikan cukai rokok ini sudah melalui pembahasan dan kajian antara Badan Kebijakan Fiskal (BKF), kementerian terkait dan pihak-pihak lainnya.

Namun, menurutnya, keputusan ini baru diambil setelah dilakukan rapat terbatas dengan presiden.

"Keputusannya baru tadi sore. Namun, pembahasan dan kajian itu sudah lama dan melalui beberapa pertimbangan. [Untuk kenaikannya] yang mengkaji adalah BKF, Bea dan Cukai sebagai pelaksana juga diminta masukan dalam pembahasan," terang Deni.

Menurut Deni, ada banyak pertimbangan mengapa cukai rokok ini harus meningkat. Beberapa di antaranya adalah adanya kecenderungan peningkatan konsumsi, pertumbuhan produksi rokok yang diproyeksi meningkat. juga harga transaksi pasar lebih tinggi dibandingkan harga banderol.

Dengan kenaikan cukai rokok ini, maka rata-rata harga jual eceran rokok akan meningkat sebesar 35%.

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved