Singapura Serukan ASEAN Bersatu Lawan Kabut Asap, Tawarkan Bantuan Pemadaman Karhutla ke Indonesia

Pemerintah Singapura menyerukan negara-negara ASEAN untuk bersatu menghadapi bencana kabut asap lintasbatas yang saat ini melanda tiga negara

Singapura Serukan ASEAN Bersatu Lawan Kabut Asap, Tawarkan Bantuan Pemadaman Karhutla ke Indonesia
Tribun Pekanbaru
Kabut Asap menggila di Riau 

TRIBUNBATAM.ID, SINGAPURA - Pemerintah Singapura menyerukan negara-negara ASEAN untuk bersatu menghadapi bencana kabut asap lintasbatas yang saat ini melanda tiga negara, Indonesia, Malaysia dan Singapura sendiri.

Menteri Singapura untuk Lingkungan dan Sumber Daya Air Masagos Zulkifli, Sabtu (14/9/2019) malam mengatakan, saat ini dibutuhkan "tekad yang lebih kuat dan kerja sama" di antara negara-negara ASEAN untuk mengatasi kabut asap yang bersumber dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Indonesia.

Karhutla di Indonesia sudah berelangsung selama sebulan dan kabut asap yang terjadi merupakan yang terburuk sejak 2016.

"Kembalinya kabut asap adalah pengingat akan keseriusan masalah, yang telah mempengaruhi kawasan ASEAN selama bertahun-tahun. Kabut asap mencemari udara yang kita hirup dan mengeluarkan gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim," kata Masagos dalam sebuah postingan di Facebook seperti dilansir TribunBatam.id dari Channel News Asia.

Heboh, Muncul Hewan Langka di Lereng Gunung Dempo Pagaralam, Direkam Pendaki Gunung

Kembalikan Mandat pada Jokowi, Ternyata 5 Pimpinan KPK Sangat Lemah, Mudah Menyerah & Didikte

Kabut Asap di Singapura Terburuk Dalam 3 Tahun Terakhir, Mengancam Formula 1 Minggu Depan

"Inilah sebabnya mengapa ada kebutuhan untuk kerja sama yang lebih kuat antara negara-negara ASEAN dan para pemangku kepentingan, untuk mencapai visi kami tentang ASEAN yang bebas kabut asap pada tahun 2020," katanya

Masagos menambahkan bahwa Singapura telah menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk memerangi kebakaran hutan di negara tersebut, terutama Sumatera dan Kalimantan.

 

"Seperti biasa, kami siap membantu menekan api di darat. Singapura telah menawarkan bantuan teknis pemadaman kebakaran ke Indonesia dan siap untuk menyebarkannya jika diminta oleh Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Malaysia juga menawarkan untuk membantu Indonesia memadamkan kebakaran hutan.

Menteri lingkungan Hidup Yeo Bee Yin awal pekan ini menegaskan kembali kekhawatiran negaranya atas dampak kabut lintasbatas yang terjadi terus-menerus.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad juga menyurati Presiden Joko Widodo untuk menyatakan keprihatinannya dan menawarkan bantuan, kata Menteri Yeo.

Menurut Badan Lingkungan Nasional Singapura (NEA), kabut asap semakin memburuk pada Sabtu sore karena konvergensi angin di wilayah terdekat, menyebabkan lebih banyak kabut asap bertiup dari Sumatera.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved