Kenali Penyebab Ban Mobil Pecah Secara Tiba-tiba

Nggak bisa dipungkiri, pecahnya ban mobil secara tiba-tiba ketika kendaraan tengah melaju menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering

Kenali Penyebab Ban Mobil Pecah Secara Tiba-tiba
Abdul Aziz Masindo
Pilihan ban mobil 

TRIBUNBATAM.id - Nggak bisa dipungkiri, pecahnya ban mobil secara tiba-tiba ketika kendaraan tengah melaju menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi, khususnya di jalan tol.

Sebagai contoh aja nih, pada Minggu (15/9) kemarin, tiga orang dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi setelah mobil Suzuki APV dengan nomor polisi F 1196 DH terguling karena mengalami pecah ban belakang.

"Penyebab kecelakaan adalah pecah ban belakang, sehingga kendaraan oleng dan terguling," ujar Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Regional Jabodetabek-Jabar Irra Susiyanti, dilansir dari Kompas.com.

TIPS FACEBOOK - Begini Cara Nonaktifkan Tanda Centang Seen di Facebook

Cemburu, WN Malaysia Bunuh Kekasih di Singapura, Lalu Difoto Tanpa Busana dan Perkosa Mayatnya

Kecelakaan tunggal di Tol Jaagorawi pada Minggu (15/9), diduga karena mobil mengalami pecah ban.
Dok. Humas Jasa Marga via Kompas.com
Kecelakaan tunggal di Tol Jaagorawi pada Minggu (15/9), diduga karena mobil mengalami pecah ban.

Pecahnya ban mobil secara tiba-tiba ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya karena tekanan angin pada ban kendaraan yang kurang.

"Ban yang kurang angin jadi penyebab utama ban pecah ketika melaju di jalan bebas hambatan," ujar Marcel seperti dikutip HAI dari GridOto.com.

Selain kurangnya tekanan angin, jalan berlubang juga menjadi penyebab ban pecah secara tiba-tiba karena memungkinkan kawat pada bagian dalamnya putus sehingga menimbulkan benjolan yang memicu letusan.

Nggak cuma jalan berlubang aja, kerikil kecil yang terselip pada bagian uliran pun ternyata juga bisa membuat ban pecah secara tiba-tiba.

Hal ini terjadi karena kerikil tersebut bisa menusuk ke dalam ban apabila terus mendapat tekanan, di mana kemudian akan menyebabkan korosi pada bagian kawat yang muncul dari adanya luka di permukaan ban.

Maka dari itu, pengguna mobil pun disarankan untuk mengganti ban mereka ketika sudah terlihat benjolan apabila nggak ingin mengalami pecah secara tiba-tiba. (*)

Editor: Rio Batubara
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved