ANAMBAS TERKINI

Sembako Datang Sebulan Sekali, Begini Cara Masyarakat Jemaja Penuhi Kebutuhan Pokok

Warga Jemaja harus pandai mengatur penggunaan sembako karena kedatangan sembako hanya sebulan sekali bahkan kadang 2 bulan sekali jika cuaca buruk.

Sembako Datang Sebulan Sekali, Begini Cara Masyarakat Jemaja Penuhi Kebutuhan Pokok
TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Kapal angkut barang yang mengangkut sembako dari Tanjungpinang tiba dan berlabuh di pelantar Wisma Juliani, Rabu siang (18/9/2019). 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kapal angkut barang yang mengangkut sembako dari Tanjungpinang tiba dan berlabuh di pelantar Wisma Juliani, Rabu siang (18/9/2019).

Kapal milik Taufik yang dibawa Kapten Rustam, mengangkut sembako yang dibawa langsung dari Tanjungpinang ke Letung, Kecamatan Jemaja, Kepulauan Anambas.

Rustam selaku Kapten Kapal saat ditanya tribunbatam.id, mengonfirmasi bahwa memang benar sembako ini dari Tanjungpinang, untuk kebutuhan masyarakat Letung.

Kapal barang ini beroperasi sekali dalam sebulan.

"Cuma sekali sebulan, karena di sini sudah ada 3 kapal angkut barang, kalau angin kencang dan tak bisa berlabuh bisa 2 bulan sekali, waktu itu pernah macet selama 20 hari karena angin kencang" ujar Rustam kepada tribunbatam.id.

Pantauan tribunbatam.id di lokasi, para buruh angkut tampak menurunkan barang dari atas kapal ke pelataran.

Jarak Pandang Cuma 500 Meter, Ustadz Abdul Somad Terancam Batal Ceramah di Jemaja

Terlihat di sana mereka menurunkan karung-karung yang berisikan ayam.

Lalu ada sayuran, mie, telor, dan kebutuhan pokok lainnya.

Ketika ditanyai berapa muatan yang bisa ditampung kapal yang dibawa Rustam, ia mengatakan "Ini bisa menampung barang 80-90 ton, ada juga yang bawa motor dari Tanjungpinang ke sini," kata Rustam.

Lama perjalanan yang ditempuh dari Tanjungpinang ke Letung yaitu 24 jam.

Barang yang dibawa pun sesuai esanan pemilik usaha di Letung. Yang penting bisa mencukupi kebutuhan selama sebulan. (tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved