Breaking News:

BATAM TERKINI

Benarkah Narapidana Bisa Rekreasi? Begini Jawaban Kalapas Kelas II A Barelang Batam

Kepala Lapas Kelas II A Barelang Batam, Surianto menjawab kabar yang beredar terkait kegiatan rekreasional warga binaan yang disebut sering dilakukan.

TRIBUNBATAM.ID/ROMA ULY SIANTURI
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Barelang Batam menggelar forum grup diskusi (FGD), bertemakan Arti Pentingnya Perubahan Undang-Undang Pemasyarakatan, Kamis (26/9/2019) di ruang serba guna Gedung DPRD Kota Batam di Jalan Engku Putri, Batam Center, Batam, Kepri. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Focus Group Discussion (FGD) terkait Pentingnya Perubahan Undang-Undang Pemasyarakatan yang digelar Kamis (26/9/2019) juga menyoroti soal rekreasi yang diberikan pada para napi.

Kepala Lapas Kelas II A Barelang Batam, Surianto mengungkapkan, kegiatan rekreasional kepada warga binaan sering dilakukan.

Seperti nonton film, tabligh, olahraga, kegiatan berkesenian termasuk berkomunikasi dengan keluarga.

"Yang diperdebatkan tadi adalah hak rekreasional. Dengan melakukan refresh tak mesti ke mal, luar negeri, dan lainnya. Kegiatan itu hanya bisa dibatasi dengan UU dan keputusan pengadilan," ujar Surianto, Kamis (26/9/2019).

Diakuinya tujuan kegiatan ini jelas menyampaikan Rancangan Undang-Undang kepada masyarakat untuk dipahami secara jernih.

Karena apa yang berkembang selama ini di media tak seperti itu sesungguhnya.

"Dari pertemuan ini kita akan sampaikan ke pusat bahwa UU ini perlu direvisi. Salah satunya kelebihan kapasitas. Terkait masukan tadi dicatat dan direkam," tuturnya.

Ia menambahkan poin-poin dalam pertemuan ini adalah narapidana itu harus diberikan hak-hak dasarnya dan hak khusus yang mereka peroleh. Misalnya makan, minum, tidur, dan lain sebagainya.

Ada Napi Diam-diam Punya Ponsel dalam Lapas, Kalapas Barelang Batam: Segera Saya Razia

Sementara itu solusi dari overnya kapasitas narapidana di lapas, adalah adanya pidana alternatif. Selama ini hanya ada pidana kurungan saja.

"Kita bisa membuat UU sendiri tidak mewarisi UU yang ditambal sulam dengan PP. Saya sangat optimis over kapasitas dilembaga pemasyarakatan akan terselesaikan," katanya.

Halaman
123
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved