BP Batam Dibentuk di Zaman Soeharto, Dipimpin Wali Kota Batam di Era Jokowi

Jumat (27/9/2019) akan menjadi sejarah baru bagi Batam, Wali Kota Batam akan dilantik menjadi Kepala BP Batam.

BP Batam Dibentuk di Zaman Soeharto, Dipimpin Wali Kota Batam di Era Jokowi
wahyu
ilustrasi ex officio 

TRIBUNBATAM.id - Jumat (27/9/2019) akan menjadi sejarah baru bagi Batam, Wali Kota Batam akan dilantik menjadi Kepala BP Batam.

Sejak dibentuk di jaman Soeharto, BP Batam selalu dipimpin oleh perwakilan dari pemerintah pusat.

Kini di zaman Jokowi, Jabatan Wali Kota Batam ex officio Kepala BP Batam dengan tujuan menghentikan dualisme kepemimpinan. 

Ketua Tim Teknis Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) yang juga Sekretaris Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI, Susiwijono, Kamis (26/9/2019) siang tadi, mengkonfirmasikan Wali Kota Batam HM Rudi (55), Jumat (27/9/2019) pagi ini, akan dilantik sebagai pejabat otoritas tertinggi di zona ekonomi eksklusif Indonesia,  Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

HM Rudi adalah wali kota ketujuh Kota Batam, dan akan menjadi pejabat Kepala BP Batam pertama dari 10 kepala otorita Batam (1979 yang merangkap sekaligus (ex officio) sebagai kepala pemerintahan level kota.

Dengan jabatan baru ini, Rudi akan menjadi 1 dari 514 kepala daerah di Indonesia dengan kewenangan khusus dan besar di bidang ekonomi, investasi, pajak dan fiskal serta regulasi, yang sebelumnya jadi kewenangan pusat.

Di 34 provinsi di Indonesia ada kabupaten (415), 1 kabupaten administrasi, 93 kota, dan 5 kota administrasi.

Pelantikan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini, dijadwalkan dalam  Rapat Dewan Kawasan di kantor Kemenko Ekonomi di kawasan Lapangan Banteng Timur, Kota Jakarta Pusat.

"Insya Allah besok sore ada rapat Dewan Kawasan, akan menetapkan pengangkatan wali kota sebagai Kepala BP Batam secara ex officio, dan sekaligus pelantikan," kata Susiwijono via pesan WhatsApp, Kamis (26/9) kepada Tribun.

Penetapan resmi rangkap jabatan politik dan profesional di otorita kota Batam ini, lebih molor lima bulan dari rencana semula.

Halaman
1234
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved