Dukung Kesehatan di Karimun, Dinkes Kepri Gelar Penggalangan Organisasi Masyarakat dan Dunia Usaha

Dinkes Kepri melakukan penggalangan organisasi masyarakat dan dunia usaha untuk mendukung kesehatan di Kabupaten Karimun

Dukung Kesehatan di Karimun, Dinkes Kepri Gelar Penggalangan Organisasi Masyarakat dan Dunia Usaha
ist
Antusiasme Peserta dan Pihak Dinas Kesehatan Kepri Di Penggalangan Organisasi Masyarakat Dan Dunia Usaha Untuk Mendukung Kesehatan Di Kabupaten Karimun 

TRIBUNBATAM.id - Dinkes Kepri melakukan penggalangan organisasi masyarakat dan dunia usaha untuk mendukung kesehatan di Kabupaten Karimun yang diselenggarakan di Hotel Maximillian Kabupaten Karimun pada Kamis (19/09/2019).

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemitraan dengan dunia usaha dan organisasi masyarakat untuk mendukung program kesehatan serta meningkatkan kepedulian dunia usaha dan organisasi masyarakat untuk menyikapi permasalahan-permasalahan kesehatan, meningkatkan pengetahuan tentang strategi membangun kemitraan yang berkelanjutan sehingga dapat mempercepat pembangunan kesehatan dan meningkatkan motivasi ormas dan dunia usaha untuk dapat berperan dalam implementasi Germas di Kabupaten Karimun.

Keberhasilan pembangunan bidang kesehatan tidak semata-mata ditentukan oleh kerja keras sektor kesehatan tetapi juga dipengaruhi oleh hasil kerja dan kontribusi positif berbagai sektor pembangunan lainnya termasuk sektor swasta (Dunia Usaha), organisasi masyarakat dan masyarakat juga itu sendiri. Tidak hanya pelayanan kesehatan yang dapat menentukan kesehatan masyarakat, melainkan juga faktor lingkungan dan perilaku masyarakat.

Tujuan Pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan setiap individu agar dapat berperilaku hidup sehat demi tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Maka ditetapkan beberapa program pembangunan yang harus dicapai, salah satunya adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Dalam rangka mempercepat dan mensinergikan upaya promotif dan preventif hidup sehat, yang memerlukan peran aktif seluruh komponen bangsa, telah ditetapkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 Tentang “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)”.

Instruksi tersebut ditujukan kepada semua Menteri, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur dan Bupati/Walikota serta melibatkan masyarakat dan dunia usaha untuk menggerakan seluruh masyarakat hidup sehat dengan menggali/mengenali sumber daya, potensi, dan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat dalam mencapai hidup sehat dengan cara peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat penyediaan pangan sehat dan perbaikan gizi, peningkatan, pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat.

Bagi dunia usaha, perusahaan dapat menerapkan kebijakan atau aturan yang berpihak pada kesehatan karyawan, antara lain program aktivitas fisik rutin, melaksanakan CSR di lingkungan perusahaan, dan menyediakan Sarpras yang mendukung keperluan kesehatan.

Sementara bagi Ormas, mereka dapat memberikan sosialisasi dan edukasi Germas secara massif kepada anggota. Lebih dari itu, menjadi teladan bagi masyarakat di luar organisasinya.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved