ANAMBAS TERKINI

Di Anambas Ada 2.907 Nelayan Tapi Baru 627 Yang Punya TPKP, Begini Cara Mengurusnya

KKPN akan membuka layanan bagi nelayan untuk penerbitan Tanda Pencatatan Kapal Perikanan dan Tanda Daftar Kegiatan Penangkapan Ikan mulai 2-6 Oktober.

Di Anambas Ada 2.907 Nelayan Tapi Baru 627 Yang Punya TPKP, Begini Cara Mengurusnya
TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas Effi Sjuhari SSos 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) akan membuka layanan bagi nelayan untuk penerbitan Tanda Pencatatan Kapal Perikanan (TPKP) dan Tanda Daftar Kegiatan Penangkapan Ikan (TDKPI) mulai tanggal 2-6 Oktober 2019.

Hak tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas Effi Sjuhari,S.Sos, saat pendaftaran dan perpanjangan TPKP dan TDKPI tidak ada pemungutan biaya sama sekali.

"Ini tidak ada biaya dari nelayan dan sekarang nelayan yang punya kapal kan harus terdaftar, masih banyak kapal yang belum melakukan pendaftaran, keuntungannya nanti nelayan punya surat minimal punya TPKP lah," ucap Effi kepada tribunbatam.id, Selasa (01/09/2019).

Effi menjelaskan setelah nelayan melakukan pendaftaran TPKP akan dilanjutkan dengan TDKPI, dari TDKPI inilah nanti akan kita masukkan ke Kementrian.

"Nanti setelah TPKP kita keluarkan dan mereka dapat surat barulah mereka mendaftar ke gerai pelayanan yang kita buat ini, jadi mereka tak perlu menunggu lagi, langsung didaftarkan di kementeriannya," lanjut Effi.

Sempat Kekeringan, Tempat Wisata Air Terjun Temburun Anambas Kini Sudah Dialiri Air

Nelayan yang memiliki TPKP sudah kadaluwarsa bisa memperbarui lagi, dan yang belum punya TPKP bisa membuat yang baru.

Bagi nelayan yang ingin membuat baru harus melengkapi persyaratan dokumen yakni, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Nelayan dan Identitas Kapal, dan jika ingin memperpanjang hanya menambahkan Dokumen TPKP/TDKPI lama (khusus perpanjangan.

Dari data yang tribunbatam.id peroleh dari 7 Kecamatan dengan jumlah nelayan 2.907 dengan total kapal ikan sebanyak 2.481, baru 627 nelayan yang memiliki TPKP. 

Di tahun 2017 sebanyak 337 nelayan baru membuat TPKP, di tahun 2018 sebanyak 337 memperpanjang TPKP dan ditambah 183 yang baru membuat TPKP jadi totalnya 520, dan di tahun 2019 sebanyak 107 nelayan baru mendaftarkan TPKP, jadi total keseluruhan tercatat 627 nelayan dengan ukuran 1-5 Gross Tonnage (GT). (tribunbatam.id/rahma tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved