BATAM TERKINI

MISTERIUS! Siapa Translater Yang Fasilitasi CJ dan WNA Pelaku Kejahatan Siber? Ini Penjelasan Polisi

Penangkapan 47 WNA yang melakukan kejahatan siber di Batam beberapa waktu lalu masih menyisakan misteri. Terutama terkait sang fasilitator.

MISTERIUS! Siapa Translater Yang Fasilitasi CJ dan WNA Pelaku Kejahatan Siber? Ini Penjelasan Polisi
TRIBUNBATAM.ID/BERES LUMBANTOBING
Konferensi pers pengungkapan aktivitas puluhan WNA yang diamankan di Batam, Selasa (1/10/2019). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Penangkapan 47 WNA yang melakukan kejahatan siber di Batam beberapa waktu lalu masih menyisakan misteri.

Terutama terkait siapa yang memfasilitasi para pelaku dalam melancarkan aksinya.

Pasalnya, berdasarkan keterangan yang diberikan oleh pihak Kepolisian berbeda-beda terkait fasilitator atau translator yang memfasilitasi CJ melakukan aksinya.

Beberapa waktu lalu Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo menjelaskan, peran CJ yang dibantu orangnya MK bertugas sebagai translater dan fasilitator penyediaan tempat kejahatan penipuan Internasional.

"Saat mulai dari perencanaan MK ketemu dengan CJ dan merencanakan kegiatan ini, CJ berangkat ke Jakarta bertemu dengan orangnya MK yang bertugas sebagai translater, kemudian CJ ke Batam lalu menunggu yang menyiapkan tempat dan fasilitas orangnya MK bertugas sebagai translater" ungkap Prasetyo

Setelah semua fasilitas pendukung siap berangkat lah WNA ke kota Batam dengan bertahap datanglah WNA ke Batam secara bertahap.

Imigrasi Deportasi 14 WNA Penjahat Siber yang Tertangkap di Batam ke Negara Asal

"Setelah semua fasilitas siap kirim beberapa orang WNA dari negara asalnya ke Jakarta, diurus translater lalu dikirim ke Batam," ujar Prasetyo

Sesampainya di Batam para WNA di-training dan diawasi dengan baik oleh CJ untuk kelancaran aksi jahat mereka.

"Setelah memasuki Batam mereka dididik dan diawasi oleh CJ," ujar Prastyo.

Berbeda dengan keterangan yang disampaikan oleh Kapolres, Wakapolresta Barelang AKBP Muji Supriyadi Puji saat ekspose yang dilakukan oleh pihak Imigrasi kelas I Khusus Batam, Selasa (1/10/2019) mengatakan bahwa translater adalah orang Indonesia dan ia merupakan petugas yang disiapkan.

Halaman
12
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved