Tren Kinerja Ekspor Meningkat, Kementan Apresiasi Balai Karantina Kelas I Batam

Badan Karantina Pertanian (Barantan) kembali melepas ekspor komoditas pertanian Provinsi Kepri, Kamis (3/10/2019).

Tren Kinerja Ekspor Meningkat, Kementan Apresiasi Balai Karantina Kelas I Batam
istimewa
Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil memberikan phytosanitary certificate dari karantina ke eksportir sebagai jaminan kesehatan produk sekaligus persyaratan SPS (sanitary and phytosanitari) dari negara tujuan. 

TRIBUNBATAM.id- Badan Karantina Pertanian (Barantan) kembali melepas ekspor komoditas pertanian Provinsi Kepri, Kamis (3/10/2019).

Ada enam komoditas yang dilepas dari berbagai perusahaan di Batam untuk diekspor ke beberapa negara seperti Rusia, Vietnam, Singapura, Cina, Thailand.

Kepala Karantina Pertanian Kelas I Batam, Joni Anwar mengatakan kegiatan agrogemilang pelepasan ekspor komoditas pertanian Provinsi Kepri itu sudah yang ketiga kalinya dilaksanakan di Batam.

"Pertama kali itu kita laksanakan di Batuampar, kali kedua di perusahaan kelapa di Sekupang, dan ini yang ketiga," ujar Joni Anwar di lokasi pelepasan PT Alcotraindo Batam, Komplek Sarana Industrial Point.

Adapun jumlah dari komoditas yang diekspor saat itu mencapai 421 an ton.

"Batam terjadi peningkatan signifikan dalam hal ekspor komoditas pertaniannya, mudah-mudahan menjelang akhir tahun bisa menggenjot nilai ekspor kita agar bisa lebih dari Rp 20 triliun," ucapnya.

PT Alcotraindo merupakan perusahaan ekspor impor tembakau yang ikut serta dalam program agrogemilang dari Barantan.

Joni Anwar menambahkan bahwa berdasarkan data otomasi barantan IQFAST, peningkatan ekspor yang melalui wilayah kerjanya meliputi berbagai sektor.

Di antaranya sektor perkebunan, hortikultura, peternakan dan perikanan.

Sementara itu, kinerja ekspor komoditas pertanian dari Provinsi Kepulauan Riau terutama yang melalui unit pelaksana teknis Karantina Batam di triwulan ke 3 tahun 2019 pun menunjukkan tren peningkatan.

Halaman
123
Penulis: Anne Maria
Editor: Anne Maria
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved