TERNYATA Ini Manfaat Angkat Wiper Mobil Saat Diparkir, Yuk Simak

Paparan sinar matahari yang terlalu panas memang nggak baik untuk mobil, apalagi dalam jangkau waktu yang lama.

TERNYATA Ini Manfaat Angkat Wiper Mobil Saat Diparkir, Yuk Simak
Kompas.com/Alasadad Rudi
Mobil yang diparkir di area terbuka dengan wiper diangkat 

TRIBUNBATAM.id - Paparan sinar matahari yang terlalu panas memang nggak baik untuk mobil, apalagi dalam jangkau waktu yang lama.

Selain bisa berdampak pada tampilan luar mobil, seperti pada bagian cat, sinar matahari ini juga bisa berdampak pada beberapa fungsi teknis di mobil.

Salah satu yang sering terjadi adalah mengerasnya karet pada wiper. Wiper yang mengeras berpotensi untuk menggores kaca saat digunakan dan akan sulit dihilangkan meski dengan air bersih.

"Jika ketika menggunakan wiper ternyata meninggalkan baret, berarti karetnya sudah mulai mengeras atau memang ada banyak debu halus di kaca yang menempel," kata Kepala Bengkel Suzuki, Natar Sugeng Riadi kepada Kompas.com.

 

Sehingga, efek jangka panjang karet wiper nggak akan mudah getas. Apalagi mengetahui fakta bahwa kaca merupakan konduktor panas.

Sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan, seperti melapisi bagian karet yang bersentuhan dengan kaca mobil, koran atau pelapis lainnya, hingga selalu membersihkan kaca setelah diparkir.

"Tetapi memang paling ampuh dan mudah dilakukan adalah menegakkan wiper. Namun harus diperhatikan pegas wiper, jangan terlalu sering ditegakkan seperti itu," ujarnya.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved