ANAMBAS TERKINI

Depot Air Layak Sehat Di Anambas Wajib Cantumkan Stiker Laik Hygienie Sanitasi

Kabupaten Anambas memiliki 43 depot penjual air minum yang sudah beroperasi dan akan diberikan stiker sertifikat laik hygienie sanitasi.

Depot Air Layak Sehat Di Anambas Wajib Cantumkan Stiker Laik Hygienie Sanitasi
TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Salah satu depot air minum Hanqua yang berada di jalan Hangtuah, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki 43 depot penjual air minum yang sudah beroperasi.

Air minum layak sehat yang menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari merupakan faktor yang sangat penting demi menjaga kesehatan masyarakat yang mengonsumsinya.

Kepala seksi kesehatan lingkungan, Dian Tamalia menjelaskan bahwa pasca kemarau bulan lalu.

"Waktu kemarau kemarin beberapa depot air ada yang tidak beroperasi disebabkan kemarau yang berkepanjangan, alhamdulillah kalau sekarang stock air minum sudah mulai membaik," ucap Dian di Kantor Dinas Kesehatan, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kamis (10/10/2019).

Ia juga menyebutkan, sangat perlu adanya kontrol terhadap depot air yang dinyatakan dengan sertifikasi yakni sertifikat laik hygienie sanitasi depot air minum.

"Biasanya 3 bulan sekali kita akan lakukan pemeriksaan sampel air kemudian kita kirim ke BTKL-PP ( Badan Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pegendalian Penyakit) yang ada di Batam, untuk hasilnya kita biasa menunggu selama 2 minggu," terang Dian.

Belasan Peserta Bersaing Jadi Komisioner KPPAD Anambas, Keputusan Akhir Ada di Bupati

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Feri Oktavia pun membenarkan hal tersebut bahwa setiap hasil pemeriksaan yang diperoleh akan langsung disampaikan ke depot air minum milik penjual.

"Mereka wajib menempelkan stiker yang tentunya sudah memenuhi syarat, bagi yang belum ada stiker akan kita lakukan pembinaan," kata Feri.

Selain itu Feri menyarankan, bagi masyarakat yang mengonsumsi air minum isi ulang, ada baiknya merebus terlebih dahulu, khususnya bagi anak-anak yang rentan terkena penyakit diare, untuk menghindari hal tersebut, ibu rumah tangga yang mempunyai bayi dapat melakukan hal tersebut.(tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved