RUPIAH HARI INI - Melemah Tipis di Awal Pekan, Ditutup di Level Rp 14.140 per Dolar AS

Mata uang rupiah lemah tipis di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) pada awal pekan, Senin (14/10)

RUPIAH HARI INI - Melemah Tipis di Awal Pekan, Ditutup di Level Rp 14.140 per Dolar AS
Antara
ILUSTRASI Nilai tukar rupiah 

TRIBUNBATAM.id - Mata uang rupiah lemah tipis di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) pada awal pekan, Senin (14/10). Hasil pertemuan antara AS dan China akhir pekan lalu tampaknya tak berdampak besar bagi pergerakan rupiah hari ini.

Mengutip Bloomberg, kurs rupiah ditutup di level Rp 14.140 per dolar AS, melemah 0,01% dibanding akhir pekan lalu yang ada di Rp 14.138 per dolar AS.

Sementara itu, rupiah di kurs tengah Bank Indonesia ada di Rp 14.126 per dolar AS, menguat 0,09% dibanding akhir pekan lalu yang ada di Rp 14.139 per dolar AS.

Analis Monex Investindo Futures Ahmad Yudiawan menyampaikan, pasar seperti skeptis terhadap hasil pertemuan AS dan China yang terbilang positif. Menurutnya, hal ini membuat pasar tak terlalu terpengaruh dengan hasil tersebut sehingga mata uang rupiah terkoreksi. "Pasar tidak terlalu euforia dengan hasil tersebut," ujar Yudi.

EMAS ANTAM HARI INI - Turun Rp 2000 Berada di Rp 754.000

Depresi Berat, Manager Sulli Eks F(X) Ungkap Kegiatan Sang Artis Sebelum Ditemukan Gantung Diri

 

Selain itu, Yudi bilang dolar AS pada hari ini mengalami rebound setelah pekan lalu sempat tertekan. Ia berpendapat hal ini menekan peluang rupiah untuk bisa menguat.

Dari domestik, pasar juga menanti kabinet yang akan disusun oleh presiden terpilih Joko Widodo. Dari susunan kabinet tersebut, pasar akan melihat apakah menteri yang dipilih sesuai ekspektasi atau tidak. "Pasar masih mau lihat apa yang akan dilakukan presiden Jokowi terkait susunan kabinetnya," ujar Yudi.

Dengan sentimen yang sama, Yudi menilai rupiah masih berpotensi melemah pada esok hari. Sentimen tersebut ditambah dengan kekhawatiran pasar terhadap kesepakatan Brexit yang belum juga tercapai. 

"Mungkin kesepakatan dalam Brexit masih membutuhkan waktu yang cukup lama," jelas Yudi.

Yudi memperkirakan rupiah akan berada di kisaran Rp 14.100 - Rp 14.170 per dolar AS pada esok hari.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved