Dosen UPB Ajarkan Bahasa Inggris Pakai Teknologi Alternative Dictionary di SDN 008 Galang Batam

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih membantu memecahkan permasalahan dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Dosen UPB Ajarkan Bahasa Inggris Pakai Teknologi Alternative Dictionary di SDN 008 Galang Batam
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Dosen program studi Sastra Inggris dan Teknik Informatika Universitas Putera Batam (UPB) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 

PENINGKATAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS DENGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI ALTERNATIVE DICTIONARY DI SD NEGERI 008 GALANG AIR LINGKA KECAMATAN GALANG BATAM

TRIBUNBATAM.id - Dosen program studi Sastra Inggris dan Teknik Informatika Universitas Putera Batam (UPB) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini didanai oleh Ristekdikti pada skema.

Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Tahun 2018-2019. Tim Pengabdian yang dipimpin oleh Afriana, S.S., M.Pd. B.I. (Kaprodi Sastra Inggris UPB) beranggotakan Nia Ekawati, S.Kom., M.SI. (Kepala LPPM UPB), dan Melly Siska Suryani, S.S., M.Hum. (Dosen Sastra Inggris UPB), melakukan pengabdian
Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Dengan Penggunaan Teknologi Alternative Dictionary di SD Negeri 008 Galang Air Lingka Kecamatan Galang Batam.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih membantu memecahkan permasalahan dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Adapun masalahnya antara lain: memiliki jarak lokasi yang jauh dari pusat kota Batam sehingga ada guru yang enggan untuk mengajar di sekolah
tersebut, tempat sekolah yang kurang kondusif, guru yang memberikan pelajaran dengan metode yang kurang menarik membuat siswa tidak semangat untuk belajar.

Pengabdi dapat menyimpulkan bahwa masalah yang dasar di sekolah ini yaitu, Pertama, guru mata pelajaran Bahasa Inggris sangat kurang.

Kedua, tidak ada lembaga kursus bahasa Inggris non-formal yang bisa menjadi sarana. Ketiga, siswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris di luar jam sekolah.

Dan terakhir, proses belajar mengajar tidak menggunakan media pembelajaran yang relevan.

Dari penjelasan permasalahan SDN 008 Galang di atas, sehingga tim pengusul ingin menciptakan dan meningkatkan kondisi ini menjadi lebih baik dengan mengenalkan sebuah media pembelajaran yang dinamakan Alternative Dictionary atau kamus bergambar.

Menurut Schramm (1977) mendefinisikan bahwa media adalah teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan
instruksional.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved