Breaking News:

BATAM TERKINI

PT Sarana Daya Kabil Akan Bangun Pembangkit Listrik Menggunakan Gas Engine di Batam

PT Sarana Daya Kabil tidak hanya bergerak di bidang utilitas pembangkit listrik menggunakan gas engine.

TRIBUNBATAM.ID/DEWIHARYATI
Kepala BP Batam yang juga Wali Kota Batam, Rudi, tengah berbincang dengan Dirut PT Kabil Citranusa, Peters Vincent (pegang berkas), terkait rencana PT Sarana Daya Kabil membangun pembangkit listrik di Batam, Selasa (15/10/2019) di Gedung BP Batam. PT Sarana Daya Kabil merupakan perusahaan bentukan antara PT Maxpower Indonesia dan PT Kabil Citranusa. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - PT Sarana Daya Kabil akan membangun pembangkit listrik menggunakan gas engine di Batam. Perusahaan bentukan PT Maxpower Indonesia dan PT Kabil Citranusa ini, akan memasok listrik untuk kebutuhan industri di Kawasan Industri Terpadu Kabil dan Nongsa Digital Park (NDP).

Sekadar informasi, Maxpower merupakan anak perusahaan Medco Group dan melakukan usaha perawatan pembangkit listrik bertenaga gas. Saat ini Maxpower memiliki kapasitas listrik terpasang 350 MW, dengan lokasi pembangkit listrik yang tersebar di beberapa lokasi di Indonesia. Dari Aceh hingga Papua. Bahkan juga di Myanmar.

Direktur Utama PT Maxpower Indonesia, Fazil Erwin Alfitri dan Direktur Utama PT Kabil Citranusa, Peters Vincent, datang ke Gedung Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (15/10) lalu. Mereka melakukan presentasi rencana bisnis dan meminta dukungan kepada BP Batam dan Pemko Batam terkait kelancaran usaha PT Sarana Daya Kabil di Batam, berupa rekomendasi.

Gelapkan 62 Mobil Rental, Djeni Janda Cantik Ini Pandai Rayu Pria, Hampir Bawa Kabur Uang Rp 1,5 M

VIDEO Ular King Cobra Raksasa 4 Meter di Selokan, Butuh Waktu Satu Jam untuk Menangkapnya

11 Tahun Pacaran, Pria Ini Ditinggal Nikah Kekasihnya, Nangis dan Peluk Orangtua Mempelai

Kedatangan keduanya dan tim, ditemui Kepala BP Batam yang juga Wali Kota Batam, Rudi. Selain Rudi, turut hadir pejabat terkait di BP Batam dan Pemko Batam dalam pertemuan siang itu.

"Tadi PT Sarana Daya Kabil menyampaikan rencana membangun pembangkit listrik. Melihat perkembangan sekarang, dibutuhkan ketahanan listrik yang handal," kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Dendi Gustinandar.

Tahap awal, perusahaan baru ini akan membangun pembangkit listrik berkapasitas 50 MW. Target pembangunannya paling lambat tahun depan.

"Apabila proyek ini berjalan dengan baik, harapan perusahaan bisa terintegrasi dengan PLN Batam. Supaya Sarana Daya Kabil dan PLN saling support," ujarnya.

Atas rencana bisnis itu, Dendi mengatakan, Kepala BP Batam yang juga Wali Kota Batam, Rudi, siap mendukung rencana itu.

"Tadi Pak Rudi tanya ke Pak Firmansyah (Kepala DPM PTSP Kota Batam) soal ini. Nggak ada masalah. Jadi diminta secepatnya berkirim surat, nanti akan diselesaikan," kata Dendi.

Dalam rencana bisnisnya, PT Sarana Daya Kabil tidak hanya bergerak di bidang utilitas pembangkit listrik menggunakan gas engine. Tetapi juga di bidang utilitas air bersih, uap, air dingin, pengolahan air, pengolahan air limbah dan komunikasi.

Tahap awal, PT Sarana Daya Kabil akan memasok listrik dan utilitas tambahan di Kawasan Industri Terpadu Kabil dan NDP. Tak menutup kemungkinan, perusahaan ini juga akan memperluas pasokan listrik dan utilitas tambahan bagi pelanggan lain di kawasan Batam yang membutuhkan. (tribunbatam.id/dewiharyati/wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved