Saber Pungli Intai Selalu, Ini 7 Pelanggaran Masuk Kategori Pungli

Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Kepri terus melakukan kunjungan kerja, sosialisasi ke UPP Kabupaten/Kota di Kepri.

Saber Pungli Intai Selalu, Ini 7 Pelanggaran Masuk Kategori Pungli
Tribun Batam/Endrak
AKBP Ucok Lasdin Silalahi 

TRIBUNBATAM.id - Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Kepri terus melakukan kunjungan kerja, sosialisasi ke UPP Kabupaten/Kota di Kepri.

Hal ini pun, guna menciptakan pelayanan publik yang bersih,serta mencegah adanya pungli (pungutan liar).

Irbid Itwasda Polda Kepri, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, S.I.K menyampaikan, bahwa ada 3 pengertian Pungli menurut UU 37 tahun 2008 tentang Ombudsman RI.

Pertama, upaya meminta sejumlah uang kepada masyarakat atau penguna layanan oleh penyelenggaraan atas suatu produk layanan yang menjadi wewenangannya dimana uang yang diminta tersebut tidak memiliki dasar hukum, dengan ancaman akan di perlambat maupun dengan iming-iming akan di percepat.

Kedua, perilaku, atau perbuatan melawan hukum, melampaui wewenang mengunakan wewenang untuk tujuan lain dari yang menjadi tujuan wewenang tersebut, pengabaian kewajiban hukum dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang akan dilakukan penyelenggara negara dan pemerintah yang menimbulkan kerugian materil dan immateril bagi masyarakat atau perseorangan.

Ketiga, penundaan berlarut, penyimpangan prosedur, penyalahangunan wewenang, permintaan imbalan uang, barang dan jasa, tidak patut, tidak kompeten, tidak memberikan pelayanan, berpihak, diskriminasi dan Konflik Kepentingan.

"UPP Provinsi Kepri memiliki strategi pemberantasan. Dimana dengan melakukan Strategi Pre Emptif (pembinaan), Strategi Preventif (Pencegahan), dan Strategi Repsesif (Penengakkan Hukum)," ujarnya, Selasa (15/10/2019).

Selan itu, Mantan Kapolres Tanjungpinang, dan juga Mantan Kapolres Lingga ini menyebutkan, terdapat 7 Jenis pelanggaran  dan ketentuan hukum yang masuk dalam kategore Pungli.

Berikut 7 Jenis pelanggaran yang masuk dalam kategori Pungli.

1. Penerima Suap – UU No. 11 Tahun 1980 Tentang TP. Suap pasal 3.

Halaman
12
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved