Tahun Depan, SIM C Kemungkinan Bakal Dibagi Menjadi 3 Golongan

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kemungkinan bakal memberlakukan penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk sepeda motor mulai tahun depan.

Tahun Depan, SIM C Kemungkinan Bakal Dibagi Menjadi 3 Golongan
Kompas.com
Ilustrasi SIM C 

TRIBUNBATAM.id - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kemungkinan bakal memberlakukan penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk sepeda motor mulai tahun depan.

Nantinya jika telah terealisasi, SIM akan terbagi menjadi tiga, yaitu C, C1 dan C2.

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri, saat ini penggolongan SIM tersebut sedang di kejar kesiapannya dan diharapkan tahun depan sudah bisa terealisasi.

"Penggolongan SIM sedang kita garap dan lengkapi dulu sarana dan prasarananya. Target kita setidaknya bisa dimulai pada 2020. Kami optimis tahun depan sudah bisa diterapkan, kami usahakan agar menjadi lebih baik lagi ke depannya," ujarnya kepada Kompas.com.

Penggolongan SIM C tersebut ditentukan berdasakan besaran kubikasi mesin motor yang dimiliki si pemohon.

Demi Tembak Jenderal Vietcong, Sniper Marinir AS Ini Merayap 4 Hari Hanya untuk Tempuh Jarak 2,5Km

Diluncurkan untuk Pasar Jepang dan Eropa, Ini Penampakan Toyota Yaris 2020

 

Khusus untuk SIM C yang ada saat ini, ke depan hanya dikhusukan bagi pengendara motor dengan kapasitas mesin nggak lebih dari 250 cc.

Selanjutnya, untuk pengguna moge dengan kubikasi mesin di atas 500 cc ke atas, wajib membuat khusus SIM C2. Artinya, pemegang SIM C saat ini, nanti nggak bisa lagi seenaknya asal mengendarai moge.

Wacana penggolongan SIM C sendiri sebenarnya bukanlah isu baru, sejak akhir 2015 lalu sudah mulai digaungkan.

Namun karena kendala pendanaan untuk menyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan, akhirnya belum bisa terealisasi, dan saat ini kembali diwacanakan bisa dirilis pada 2020 mendatang.

Sementara untuk mendapatkan SIM C1 dan C2, syaratnya pemohon sudah wajib lebih dulu memiliki SIM C biasa yang akan dianggap sebagai dasar.

Setelah itu, baru akan ada uji kompetensi lagi untuk mendapatkan dua kategori SIM lainnya.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved