HUMAN INTEREST

Zafira Puan Adelin, Siswi SMPN 1 Tanjungpinang Bawakan Pidato saat Forum Anak Nasional di Jakarta

Putri Zulkifli dan Rina mendapat kesempatan istimewa pada kegiatan Seminan Nasional Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Zafira Puan Adelin, Siswi SMPN 1 Tanjungpinang Bawakan Pidato saat Forum Anak Nasional di Jakarta
TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Zafira Puan Adelin Bawakan Pidato Pada Acara Forum Anak Nasional Senang Wakili Suara Hati Anak Riuh tepuk tangan memenuhi seluruh isi Ruangan Java di Lantai 3 Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2019) siang. 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Zafira Puan Adelin Bawakan Pidato Pada Acara Forum Anak Nasional Senang Wakili Suara Hati Anak Riuh tepuk tangan memenuhi seluruh isi Ruangan Java di Lantai 3 Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2019) siang.

Semua pasang mata tertuju pada seorang remaja wanita berusia belasan. Namanya Zafira Puan Adelin. Dialah siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Tanjungpinang.
Dengan langkah tenang Fira maju ke mimbar. Ratusan peserta yang hadir menatap lekat padanya, seakan menunggu apa yang bakal disampaikannya.

Mereka bukan orang biasa. Ada perwakilan lembaga swadaya masyarakat (LSM) peduli anak, lembaga dan kementerian. Ada Lenny N Rosalin, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak. Dia hadir mewakili Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Yohana Susana Yembise.

Zafira Puan Adelin Bawakan Pidato Pada Acara Forum Anak Nasional
Zafira Puan Adelin Bawakan Pidato Pada Acara Forum Anak Nasional (TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA)

“Saya, Wakil Ketua Forum Anak Nasional periode 2019/2021, izinkan saya untuk menyampaikan Pendapat Anak Indonesia,” ucap Fira pada awal pidatonya setelah menyapa para hadirin.

Plt Gubernur Kepri Buka Lomba Kelompok Keluarga Sadar Hukum, Tujuannya Seperti Ini

Dua Putra Wagub Sumsel Bersaing Maju Pilkada Ogan Ilir 2020

Mahasiswa Unitas Palembang Tewas Saat Pradiksar Menwa, Kemaluan Dipukul Benda Tumpul

Dia melanjutkan, Suara Anak Indonesia dibentuk setiap tahunnya pada pertemuan Forum Anak Nasional yang melibatkan lebih dari 500 anak dari seluruh Indonesia. Suara ini dia bacakan dengan penuh ketegasan dan niat tulus pada Hari Anak Nasional.

Suara Anak Indonesia mewakili seluruh pendapat dan keinginan anak di Indonesia tanpa terkecuali. Suara Anak Indonesia meliputi permasalahan yang menyangkut anak, permohonan anak Indonesia, dukungan anak Indonesia terhadap suatu gerakan pemerintah juga ajakan anak Indonesia untuk bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak 2030.

“Permohonan dan dukungan anak Indonesia untuk meningkatkan batas minimal PUA sudah tercantum dari Suara Anak Indonesia tahun 2016,” ujar Fira mengutip penggalan pidatonya.

Putri Zulkifli dan Rina mendapat kesempatan istimewa pada kegiatan Seminan Nasional Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dari beberapa perwakilan anak yang hadir, Fira ditunjuk untuk membawakan pidato mewakili seluruh anak-anak di Indonesia.

“Fira bersama teman-teman Forum Anak Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek). Tapi yangg bicara hanya Fira. Pidato ini pun Fira susun sendiri. Fira senang bias wakili suara anak Indonesia,” ucap remaja yang sewaktu Sekolah Dasar pernah menjuarai Lomba Baca Cerita Rakyat Tingkat Kota Tanjungpinang ini.

Melalui pidatonya itu, Fira meminta pemerintah agar segera mengesahkan Undang-Undang (UU) Perkawinan Anak yang baru. Dalam UU Nomor 1 Tahun 1974, batas minimal usia anak menikah pada 16 tahun. Namun, diubah ke UU Nomor 16 Tahun 2019, jadi batas minimalnya 19 tahun.
Dia lalu mengajak anak Indonesia untuk menciptakan generasi unggul dengan menghindari perkawinan usia anak.

”Sedap sungguh rasanya kurma, Kurma disusun diatas buluh, Bergandeng tangan maju bersama, Wujudkan IDOLA (Indonesia Layak Anak) 2030,” ucap Fira mengutip sebait pantun di akhir pidatonya.(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved