Susah Tidur saat Malam Hari? Inilah Beberapa Penyebabnya

Jika waktu tidur Anda belum sesuai dengan yang dianjurkan oleh National Sleep Foundation (sekitar 7-9 jam), mungkin Anda mengalami gangguan tidur.

Susah Tidur saat Malam Hari? Inilah Beberapa Penyebabnya
National Geographic
Ilustrasi Susah Tidur 

TRIBUNBATAM.id - Waktu tidur anda kurang dari 7-9 jam? Mungkin anda mengalami gangguan dalam tidur. Jika waktu tidur anda belum sesuai dengan yang dianjurkan oleh National Sleep Foundation, sudah dapat dipastikan anda mengidap masalah dalam jam tidur anda. 

Berikut beberapa hal yang menyebabkan kita sulit untuk tidur:

Cahaya di kamar kurang gelap

Seharusnya, lampu di kamar kita jangan menyala jika ingin tidur. Ketika mata kita terpapar cahaya di malam hari, otak akan mengira itu adalah saatnya untuk bangun. Cahaya juga mengurangi produksi melatonin – hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal yang menyebabkan kantuk – sehingga kita jadi susah tidur. 

Olahraga di malam hari

Berolahraga tiga jam sebelum tidur akan merangsang metabolisme tubuh secara berlebihan dan meningkatkan denyut jantung. Hal itu membuat kita gelisah dan terbangun di malam hari. Sebaiknya berolahraga di pagi hari atau siang hari agar mendapatkan tidur nyenyak.

Ini 4 Manfaat kalau Naik Angkot, Mulai dari Aktif Bergerak Hingga Bisa Mengasah Otak

Suhu ruangan terlalu hangat

 Tubuh dan otak kita ingin rileks sejenak ketika tidur, namun jika suhu udara di kamar terlalu hangat, maka hal itu bisa menghambat prosesnya. Memiliki kipas angin atau air conditioner (AC) di kamar merupakan ide bagus karena menjaga kita tetap dingin dan membuat cepat tidur. 

Paparan teknologi

Hindari teknologi seperti televisi, komputer dan handphone sebelum tidur. Paparan cahaya dari alat elektronik tersebut membuat kita sulit tidur.

Mengonsumsi protein sebelum tidur

KKN di Desa Penari Siap Tayang Awal Tahun Depan, Siapa Pemeran Nur?, Ini Penjelasan MD Pictures

Mengonsumsi protein membutuhkan banyak energi untuk mencerna. Hal itu menyebabkan sistem pencernaan terus bekerja bahkan ketika ingin tidur sehingga membuat kita tetap terjaga.

Kecemasan

Beberapa dari kita sering terbangun di malam hari. Dan hal pertama yang terpikir adalah masalah besar yang sangat dikhawatirkan. Tanpa sadar, kita langsung ingin menyelesaikan masalah tersebut dan mencari solusinya saat itu juga sehingga mengganggu jam tidur. 

Artikel ini telah tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Sulit Tidur di Malam Hari? Mungkin Ini Beberapa Penyebabnya", https://nationalgeographic.grid.id/read/131892162/sulit-tidur-di-malam-hari-mungkin-ini-beberapa-penyebabnya?page=all 

Video Gibran Dihadang Paspampres Viral, Saat Tahu Anak Presiden Begini Endingnya

Medina Zein Balik Serang Irwansyah & Zaskia Sungkar, Tunjukkan Bukti dan Bongkar Data Aliran Dana

Ramalan Zodiak Besok Rabu 23 Oktober 2019, Taurus Ada Peluang Kerja Baru, Libra Dinner Romantis

Editor: Lia Sisvita Dinatri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved