UK: Kabinet Indonesia Diluncurkan, Termasuk didalamnya Rival Utama Presiden

Presiden Indonesia, Joko Widodo meluncurkan kabinet barunya untuk masa jabatan kedua pada hari Rabu, (23/10/2019).

UK: Kabinet Indonesia Diluncurkan, Termasuk didalamnya Rival Utama Presiden
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenalkan Kabinet Indonesia Maju di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). 

TRIBUNBATAM.id, UK - Presiden Indonesia, Joko Widodo meluncurkan kabinet barunya untuk masa jabatan kedua pada hari Rabu, (23/10/2019), dengan mempertahankan mantan Ekonom Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan dan mengetuk pemimpin oposisi ketika ia berupaya mendorong reformasi. 

CEO dan salah satu pendiri perusahaan yang melayani angkutan melalui jasa ojek dengan layanan pembayaran digital yakni, Gojek, serta mantan ketua klub sepakbola Inter Milan, juga ditunjuk untuk masuk ke kabinet, membenarkan laporan sebelumnya. 

Susunan kabinet diawasi dengan cermat untuk melihat berapa banyak teknokrat yang lebih mungkin jatuh dengan rencana Widodo untuk meningkatkan pertumbuhan dan investasi yang dimasukkan. 

Pada akhirnya, sekitar setengah dari kabinetnya yang terdiri dari 34 menteri adalah teknokrat dan yang lainnya yang memiliki ikatan dengan partai politik. 

"Pertama jangan Korupsi, buat sistem yang bersih. Kedua, tidak ada visi dan misi menteri yang terpisah, hanya visi dan misi presiden," kata Widodo sambil duduk di tangga Istana diapit oleh menteri-menterinya. 

Nadiem Makarim Jadi Mendikbud, Simak Meme Comik Netizen Sambut Nadiem, Trending di Twitter

Indonesia bulan lalu menyaksikan demonstrasi mahasiswa terbesar dalam beberapa dekade menentang RUU baru yang menurut para kritikus merusak perjuangan melawan korupsi dan mengancam hak-hak dasar bangsa. 

Presiden Joko Widodo memilih mantan menteri industri, Airlangga Hartarto untuk memimpin tim ekonominya, sambil mengukuhkan pengangkatan kembali Indrawati sebagai menteri keuangan, yang kini telah bertugas di berbagai administrasi negara. 

Setelah bertemu Widodo di istana sehari sebelumnya, Indrawati mengatakan setuju untuk memastikan kebijakan mendukung prioritas presiden seperti meningkatkan sumber daya manusia, menciptakan lapangan kerja dan melaksanakan anggaran pemerintah dengan baik. 

Prabowo Subianto, seorang mantan jenderal yang kontroversial yang merupakan pemimpin oposisi dalam masa jabatan pertama Widodo dan penantang tunggal dalam jajak pendapat April yang sengit, akan menjabat sebagai menteri pertahanan, kata Widodo. 

"Saya tidak perlu memberi tahu Anda perannya dari beliau. Dia tahu lebih banyak dari saya," kata Widodo, merujuk pada Prabowo, yang biasa memimpin pasukan khusus negara dan telah dituduh oleh para aktivis hak asasi manusia dari pelanggaran terhadap warga sipil. 

Mulai 28 Oktober, Listrik di Tambelan Bintan Bakal Menyala 24 Jam

Halaman
123
Penulis: Lia Sisvita Dinatri
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved