Startup Asal Spanyol Ini Akan Buka Layanan Antar Jemput Cucian via Aplikasi

pihak perusahaan bakal membuka peluang waralaba bisnis laundry secara digital.

Startup Asal Spanyol Ini Akan Buka Layanan Antar Jemput Cucian via Aplikasi
KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYA
Vice President of Expansion Mr Jeff, Christakis Theodorou Villalta berfoto usai menjelaskan ekspansi Mr Jeff ke Indonesia di Jakarta, Kamis (24/10/2019).(KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYA) 

TRIBUNBATAM.id -  Startup layanan laundry asal Spanyol, Mr Jeff, bakal menggarap pasar Indonesia. Untuk itu, pihak perusahaan bakal membuka peluang waralaba bisnis laundry secara digital.

Vice President of Expansion Mr Jeff, Christakis Theodorou Villalta mengatakan, laundry digital nantinya akan menghadirkan layanan antar jemput cucian via aplikasi.

"Kami akan mengambil baju yang akan di-laundry itu dengan sebuah tas per orang atau per pesanan. Nantinya baju di dalam tas itu akan dicuci dengan mesin cuci yang berbeda dengan pesanan yang lain," ujarnya di Jakarta, Kamis (22/10/2019).

"Itu untuk memastikan agar baju tidak tertukar dan pelanggan puas dengan pelayanan sehingga mereka mau balik lagi. Kami mengedepankan kualitas. Kalau ada baju yang hilang, kami akan bayar," imbuhnya.

Nantinya Mr Jeff akan menjaring 30 hingga 50 waralaba hingga akhir tahun ini dengan mengandalkan waralaba lokal yang nantinya akan menerima bantuan pemasaran dan dukungan kemitraan.

Dirutnya Jadi Wakil Menteri BUMN, Begini Penjelasan Bank Mandiri

EMAS ANTAM HARI INI - Naik Rp 2.000, Emas Antam Menjadi Rp 754.000

 

Dia bilang, target itu tidak terlalu berlebihan mengingat pelayanan Mr Jeff akan berbeda dengan laundry kebanyakan.

Mitra waralaba nantinya akan disediakan sebuah aplikasi khusus. Tidak hanya mitra waralaba, pelanggan juga disediakan aplikasi khusus untuk layanan antar jemput cucian.

Melalui aplikasi tersebut, pelanggan dapat menentukan lokasi dan kapan cucian harus dijemput maupun diantar. Pihaknya akan menyediakan staf khusus untuk jasa itu.

"Tapi pelanggan juga berkesempatan mengambil cuciannya sendiri sesuai keinginan," kata Villalta.

Biasanya, kata Christakis, pemilik waralaba akan mendapat pengembalian modal investasi dalam 18 bulan dengan keuntungan sekitar Rp 33,5 juta per bulan.

"Pemilik franchise akan balik modal dalam 18 bulan, dengan break-evan point dalam 4 bulan dan keuntungan berkisar Rp 33,5 juta per bulan," tutur dia.

Selain itu, pihaknya bakal merekomendasikan tempat yang sesuai dengan hasil analisa perusahaan. Kendati demikian, dia tidak merekomendasikan area-area kecil.

Saat ini, total waralaba Mr Jeff mencapai 370 di lebih dari 30 negara. Di tahun 2020, dia berencana membuka 1.500 waralaba di negara-negara Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, Mr Jeff bakal berekspansi ke Jakarta, Banjarmasin, Tangerang, Bandung, dan Bali. Sekaligus bekerjasama dengan sektor komersial seperti hotel, gims, dan kecantikan.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved