Tahun Depan Pemko Batam Usulkan Belasan Ranperda Baru, Ini yang Akan Mereka Lakukan

Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengusulkan sebanyak 17 rancangan peraturah daerah (ranperda) ke DPRD Kota Batam 2020 mendatang.

Tahun Depan Pemko Batam Usulkan Belasan Ranperda Baru, Ini yang Akan Mereka Lakukan
TRIBUNBATAM.ID/ROMA ULY SIANTURI
Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam, Jeffry Simanjuntak 

Pemko Usulkan Belasan Ranperda Tahun Depan

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengusulkan sebanyak 17 rancangan peraturah daerah (ranperda) ke DPRD Kota Batam 2020 mendatang.

Dari 17 ranperda, lima ranperda merupakan sisa atau luncuran dari kegiatan ranperda tahun 2019 yang tak bisa dilaksanakan karena keterbatasan anggaran.

"5 ranperda tersebut tak bisa dilaksanakan karena memang tak dianggarkan. Kami masukkan lagi dan diusulkan kepada Pemko Batam, sehingga totalnya ada 17," ujar Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Batam, Jeffry Simanjuntak, Minggu (27/10/2019).

Suarso Manuarfa Buka Muskorwil Kepri, Minta Hentikan Konflik dan Besarkan Partai

Hasil French Open 2019 - Kalahkan Carolina Marin, An Se-young Juara Tunggal Putri

Ia melanjutkan digabung dengan ranperda inisiatif DPRD Kota Batam, jumlah semuanya sebanyak 22 ranperda.

Dari lima ranperda sisa atau luncuran dari kegiatan ranperda 2019 yang tak bisa dilaksanakan sebayak 4 ranperda merupakan ranperda rutin diantaranya laporan pertanggungjawaban Walikota Batam dan laporan kinerja pertanggungjawaban Walikota Batam.

"Kami sedang melakukkan evaluasi dengan mengundang Pemko Batam dalam menyampaikan perencanaan mereka dalam 17 ranperda tersebut," tuturnya.

Peringati Sumpah Pemuda 2019: Ini Isi Teks Sumpah Pemuda hingga 13 Tokoh di Balik Sejarah 28 Oktober

Gadis Mendadak Buka Baju di Jalan Raya, Marah-marah ke Sopir Taksi

Dari 17 ranperda usulan Pemko Batam, DPRD Kota Batam meminta penjelasan mereka untuk melakukan kajian dan prioritas, supaya bisa menjangkau mana yang lebih didahulukan dalam pembahasan di tahun awal 2020 nanti.

Dalam hal ini Jeffry menyurati Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto yang juga sebagai Ketua Banggar serta ke Komisi II untuk memasukkan minimal di APBD Murni 2020 nanti anggaran untuk ranperda sebesar minimal 55 persen.

Jeffry berharap Pemko Batam melalui Badan Keuangan Pemko Batam agar bisa mengalokasikan anggarannya untuk pembahasan ranperda yang berjumlah 17 yang diusulkannya.

Perbedaan Kasus Vanessa Angel dengan Finalis Putri Pariwisata PA, sama-sama Digerebek di Hotel

"Kalau 22 ranperda yang diusulkan, kami minta APBD Murni itu disediakan minimal untuk 12 ranperda. Sedangkan sisanya nanti bisa dianggarkan di APBDP 2020," katanya.

Ia menambahkan DPRD Batam bisa bekerja maksimal yang patokannya adalah mampu menelurkan perda yang kualitatif dan berkuantitatif sesuai target.

Jeffry optimis apabila disiapkan anggaran yang mencukupi, ranperda sebanyak 22 itu semua bisa diselesaikan di tahun 2020.

Jangan sampai aturan dibuat, sesal dia, semangatnya menggebu-gebu, tapi tak diimbangi dengan anggaran yang mumpuni.

"Inilah yang perlu disiasati Pemko Batam melalui Badan Keuangan Pemko Batam bersama tim Banggar DPRD Batam dan Komisi II untuk menyepakati minimal 60 persen anggaran di APBD Murni untuk pembahasan ranperda nantinya," katanya. (tribunbatam.id/Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved