Pegawai BNI Medan Salah Transfer Rp 3,6 Miliar, Eddy Sanjaya Divonis Denda Rp 4 Miliar

Pegawai BNI 46 Medan salah transfer dana Rp 3,6 miliar, penerima uang dihukum denda Rp 4 miliar

Pegawai BNI Medan Salah Transfer Rp 3,6 Miliar, Eddy Sanjaya Divonis Denda Rp 4 Miliar
ictory Arrival Hutauruk/Tribun Medan
  Majelis Hakim menghukum terdakwa Eddy Sanjaya (66) terdakwa kasus salah kirim rekening Rp 2,8 Miliar dengan hukuman denda Rp 4 miliar di Pengadilan Negeri Medan, Senin (28/10/2019).  

TRIBUNBATAM.id - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan memvonis bersalah  Eddy Sanjaya (66) dengan menjatuhkan hukuman denda Rp 4 miliar, Senin (28/10/2019).

Eddy Sanjaya adalah terdakwa perkara pegawai BNI salah transfer uang Rp 3,6  miliar.

Selain hukuman denda, terdakwa juga dihukum membayarkan kerugian pihak PT. Bank BNI tbk Cabang Medan sebesar Rp 2.880.574.000.

Terdakwa terbukti melanggar pasal Pasal 85 Jo Pasal 87 jo Pasal 88 UU RI NO 3 Tahun 2011 tentang Transfer dana Jo Pasal 97 UU No 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

 

Hakim juga menjelaskan dalam amar putusannya apabila terdakwa tidak membayarkan seluruh denda maka harta benda selama 2 bulan maka harta benda terdakwa akan dilelang untuk membayarkan seluruh denda.

Bagi Majelis Hakim hal yang memberatkan terdakwa Eddy karena telah merugikan pihak Bank BNI 46 karena tidak melakukan pengembalian.

"Hal yang meringankan belum pernah dihukum dan mengakui perbuatannya," cetus Hakim Richard.

Saat dibacakan, terdakwa yang berasal dari Jalan Kol Soegiono No 12-D RT/RW 001/005 Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun ini tampak menutup matanya dan terlihat termenung.

Saat dikonfirmasi, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rosinta menjelaskan bahwa terdakwa tidak dapat dikenakan pidana penjara karena yang dikenakan pasal 85 ayat 2 tentang koorporasi.

"Jadi awalnya Polda menerbitkan pasal yang menjerat terdakwa namun di prapidakan dan terdakwa menang. Jadi kepolisian buat penyidikan baru yang mengenakan koorporasi. Sehingga dalam pasal itu tidak ada pidana penjara hanya denda," jelas Jaksa Rosinta.

Halaman
1234
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved