BATAM TERKINI

Forum RT/RW Dikumpulkan Disdukcapil Kepri, Ini Pesan Disampaikan Plt Gubernur Isdianto

Rukun Tetangga (RT) Rukun Wilayah (RW) adalah perwakilan pemerintah yang hadir dan berperan besar di dalam masyarakat.

Forum  RT/RW Dikumpulkan Disdukcapil Kepri, Ini Pesan Disampaikan Plt Gubernur Isdianto
TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN HAMAPU
Kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan khususnya Forum Komunikasi RT/RW se-Provinsi Kepulauan Riau ini dapat membuka wawasan dan pengetahuan tentang fungsi dan peranan RT/RW yang begitu vital dalam Pembangunan di Desa maupun di Kota. 

TRIBUNBATAM.ID, BATAM - Rukun Tetangga (RT) Rukun Wilayah (RW) adalah perwakilan pemerintah yang hadir dan berperan besar di dalam masyarakat.

Karena besar peran RT dan RW membantu proses pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PMD Capil) mengadakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan (Forum Komunikasi RT/RW) Provinsi Kepri yang dilaksanakan 29 Oktober 2019 sampai 31 Oktober 2019 bertempat di Hotel Harmoni One Batam.

RT dan RW memiliki peran yang sangat vital dan mereka adalah “Mulut dan Telinga” Pemerintah yang mempunyai fungsi sebagai penyampai kebijakan-kebijakan Pemerintah Desa, Daerah, maupun Nasional dan ia juga sebagai penerima aspirasi pertama masyarakat, pada saat berada di tengah konflik masyarakat. Merekalah yang harus tampil karena memiliki pemahaman lebih terhadap skala permasalahan dan konflik yang terjadi di masyarakat.

Kepala dinas PMD Dukcapil Kepri Sardison berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan dilaksanakan setiap tahunnya agar pemerintah juga bisa mendengarkan aspirasi langsung dari orang yang selama ini bersentuhan dengan masyarakat.

"Kita berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut mungkin pola kegiatan yang sedikit berubah, karena kegiatan seperti ini penting agar pemerintah provinsi juga bisa mendengarkan apa yang jadi keresahan masyarakat di level paling kecil yaitu RT dan RW," ujar Sardison.

Lima Tahun Berlalu, Akhirnya RTRW Kota Batam 2019-2030 Masuk Ranperda

Kenaiakan Iuran BPJS, Berharap Program JKN-KIS Akan Mengalami Perbaikan Secara Sistemik

Riany Diperiksa Kejaksaan Negri Tanjungpinang Terkait Penggelapan Pajak, Tolak Sebutkan Nominal Uang

Dalam sambutannya Plt Gubernur Kepri Isdianto mengatakan terkhusus Pemerintah Desa Pemerintah pusat telah begitu besar memberikan perhatian dan diharapkan agar bisa di manfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah pusat hari ini telah memberikan perhatian besar kepada desa diharapkan agar di kelola sebaik baiknya untuk kemaslahatan masing-masing warga desa," katanya.

Tujuan dari kegiatan ini untuk menyampaikan informasi hingga level terbawah Pemerintah yaitu RT RW sehingga bisa mensinergikan pembangunan Provinsi Kepri.

"Kegiatan ini bertujuan agar informasi-informasi bisa sampai kepada level terbawah pemerintah yaitu RT dan RW," ujar Isdianto.

Dalam kesempatan itu juga Isdianto mengungkapkan bahwa peranan terbesar untuk membangun Provinsi Kepri sebenarnya bukan berada di tangan Gubernur, Wali Kota atau Bupati tetapi berada di tangan RT dan RW.

"Sebenarnya yang paling besar peran dalam pembangunan Kepri ini bukan ada di tangan Gubernur, Wali Kota atau Bupati tetapi sebenarnya ada di tangan RT dan RW," ujar Isdianto.

Forum Komunikasi RT/RW ini diharapkan menjadi perpanjangan tangan baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam menyampaikan setiap kegiatan/Program Pembangunan di Daerah.

Untuk Provinsi Kepulauan Riau total RT dan RW berjumlah 9.910 dengan jumlah yang cukup besar tersebut perlu pembentukan forum Komunikasi RT/RW tingkat Desa/Kelurahan yang berjumlah 413 forum. Forum Komunikasi RT/RW tingkat Kecamatan yang berjumlah 73 forum dan forum komunikasi RT/RW tingkat Kabupaten/Kota yang berjumlah 7 forum sehingga totalnya adalah 493 forum.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan khususnya Forum Komunikasi RT/RW se-Provinsi Kepulauan Riau ini dapat membuka wawasan dan pengetahuan tentang fungsi dan peranan RT/RW yang begitu vital dalam Pembangunan di Desa maupun di Kota.

Peningkatan kualitas RT/RW adalah salah satu faktor pendorong suksesnya program pembangunan tersebut, serta memaksimalkan peran dan fungsi pengurus RT/RW yang akan berdampak besar bagi program pembangunan Desa dan Nasional dengan meningkatnya kualitas pengurus RT/RW maka fungsi RT/RW akan berjalan dengan maksimal. (bob)

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved