Karimun Terkini

SPAI FSPMI Walk Out Saat Pembahasan UMK Karimun, Ini Sebabnya

Penetetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karimun tahun 2020 diwarnai aksi walk out oleh Serikat Pekerja Aneka Industri-Federasi Serikat Pekerja Metal

SPAI FSPMI Walk Out Saat Pembahasan UMK Karimun, Ini Sebabnya
TRIBUNBATAM.id/Elhadif Putra
Ketua SPAI-FSPMI Kabupaten Karimun, Muhammad Fajar. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Penetetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karimun tahun 2020 diwarnai aksi walk out oleh Serikat Pekerja Aneka Industri-Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPAI-FSPMI).

Aksi tersebut dilakukan saat rapat Dewan Pengupahan Kabupaten Karimun, Kamis (31/10/2019) di Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karimun.

Alasan walk out adalah karena SPAI-FSPMI Kabupaten Karimun tidak menyetujui perhitungan yang dipakai dalam menetukan besaran UMK.

Ketua SPAI-FSPMI Kabupaten Karimun, Muhammad Fajar mengatakan pihaknya sudah menyampaikan penolakan penghitungan UMK menggunakan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia nomor 78.

"Kami walk out karena dari awal sudah menyatakan menolak PP 78 dijadikan acuan dan ternyata saat rapat pembahasan tetap dipakai," kata Fajar.

Selain itu Fajar juga mengaku kecewa karena rapat yang baru dilaksanakan satu kali itu langsung menetapkan besaran UMK Karimun tahun 2020.

"Rapat UMK ini sempat tiga kali dibatalkan karena ketidakhadiran dari unsur pemerintah," kata Fajar.

Disampaikan Fajar, nilai UMK yang ditetapkan seakan tidak mempertimbangkan sejumlah kondisi yang tengah dihadapi masyarakat. Diantaranya adalah keputusan Pemerintah Pusat yang menaikan iuran BPJS Kesehatan sebesar 100 persen pada tahun 2020.

"Sekarang iuran BPJS Kesehatan naik 100 persen. Padahal kemarin masih banyak nunggak," ungkapnya.

Dimana dalam rapat Dewan Pengupahan Kabupaten Karimun tersebut diputuskan besaran UMK Karimun tahun 2020 sebesar Rp 3.335.902,31.

Artinya UMK Karimun tahun 2020 naik sekitar 8,51 persen atau sekitar Rp 261.313. Dimana UMK Karimun tahun 2019 sebesar Rp 3.074.281. (Tribunbatam.id/Elhadif Putra)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved