Hari Toilet Sedunia, Simak Fakta Mengejutkan Penggunaan Jamban di Indonesia

19 November, lembaga dan otoritas kesehatan dunia memperingatinya sebagai Hari Toilet Sedunia, The World Toilet Days.

Ist
Ilustrasi bawa smartphone ke toilet 

Batam, Tribun -- Saban 19 November, lembaga dan otoritas kesehatan dunia memperingatinya sebagai Hari Toilet Sedunia, The World Toilet Days.

Kampanye hidup sehat dengan tata kelola air bersih dan sanitasi (jamban) ini, agar tak buang kotoran manusia alias eek-nya (sanitasi) sembarangan bagi penduduk di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Hingga 2015 lalu, Hampir 25 juta orang di Indonesia tidak menggunakan toilet.
Mereka buang air besar di ladang, semak, hutan, parit, jalan, sungai atau ruang terbuka lainnya.

Buang air besar sembarangan bukan hanya merendahkan martabat manusia, tetapi juga berisiko besar terhadap kesehatan anak dan masyarakat.

Hasil riset Bank Dunia, melalui Water and Sanitation Programme mengkonfirmasikan; total kerugian ekonomi pemerintah Indonesia akibat buruknya sanitasi di pemukiman, mencapai Rp56 triliun per tahun atau 2,3% dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Data itu dikutip langsung Gamal dari ASEANstats 2018.

Peringkat pertama di antara seluruh negara ASEAN adalah Singapura nyaris 100%, Brunei 97%, Malaysia 96%, Thailand 93%, Philipina 87%, dan Indonesia urutan 9 dengan persentase 67,4%.

Selain capaian akses sanitasi, Gamal juga menyebut akses air minum yang aman di Indonesia, merupakan yang terburuk kedua di ASEAN. Aksesnya di Indonesia hanya 72%, unggul sedikit dari Kamboja 64,8 persen. Singapura kembali menjadi peringkat pertama dengan 100 persen.

Angka ini terus membaik dibanding 20 tahun lalu.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), tahun 1999; rumah tangga di Indonesia yang mempunyai akses sanitasi layak hanya 32,56% (16,67 juta rumah tangga). (MDGs)
Lalu naik, 31% di tahun 2015, menjadi 62,14% (40,76 juta rumah tangga)..(SDGs) di rumah tangga bersanitasi layak.

Halaman
12
Penulis: thamzil thahir
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved