LOWONGAN KERJA

Job Fair 2019, Dari Jumlah Pendaftar Membeludak Sampai Server Down

Server E-bursa Kemenaker down, akibatnya banyak pencaker kelimpungan untuk mengantar berkas lamaran kerja

Job Fair 2019, Dari Jumlah Pendaftar Membeludak Sampai Server Down
TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN HAMAPU
Toko fotokopi di Batamindo diserbu para pencari kerja dalam even Job Fair di Batamindo, Kamis (21/11/2019) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Server E-bursa Kemenaker down, akibatnya banyak pencaker kelimpungan untuk mengantar berkas lamaran kerja, saat gelaran Job Fair 2019 di Batamindo, Kota Batam, Kamis (21/11/2019).

Pengakuan beberapa petugas penerima lamaran dari perusahaan, mereka merasa bingung dengan kejadian server down, dan akhirnya memutuskan untuk kembali membuka manual dengan menerima map berisi lamaran.

"Tadi pagi pas buka bisa, ada sekitar 30 pelamar didata kembali menggunakan QR barcode. Namun selepas itu tiba-tiba server down dan tidak bisa digunakan," ujar seorang petugas loker PT Eska Welnes, usai menerima ratusan lamaran di CC Batamindo, Kamis (21/11/2019).

Dikatakan dia bahwa pihaknya lebih banyak menerima lamaran secara manual menggunakan map, beserta dokumen lamaran dibanding berkas yang sudah di-upload.

"Sebenarnya para pencaker itu sudah daftar dan upload berkasnya di web e-bursa kemenaker, namun karena scan qr barcode bermasalah akhirnya mereka pun melengkapi berkas manual," ujarnya.

Hari Pertama 12.000 Pencaker Daftar Job Fair

Tingginya animo (hasrat) para pencari kerja (pencaker) di Kota Batam tak dapat terbendung.

Tercatat, sekitar 12 ribu pencaker ikut mendaftarkan diri dalam penyelenggaraan Job Fair 2019 di Batamindo, Kota Batam, Kamis (21/11/2019).

Walau sebagian pencaker tak memenuhi kualifikasi persyaratan terkait penerimaan lowongan kerja di satu perusahaan, namun Kasubdit Bursa Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Timbul Tua mengatakan tak perlu diambil pusing.

Sebab, katanya lagi, dalam waktu dekat kementerian terkait juga akan menggelar agenda 'Talent Festival'.

Menurutnya, agenda ini bertujuan tak hanya mempersiapkan pekerja dalam sektor formal, namun juga akan membentuk keahlian para pencari kerja dalam sektor informal.

Halaman
1234
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved