PILGUB KEPRI

Pilkada Kepri, Pengamat : Langkah Kuda Hitam HM Rudi Patut Diwaspadai Lawan

Siapapun calon yang dimunculkan ke publik memiliki potensi untuk maju. Bisa dilihat dari beberapa indikator, popularitas

Pilkada Kepri, Pengamat : Langkah Kuda Hitam HM Rudi Patut Diwaspadai Lawan
Istimewa
Pengamat politik Linayati Lestari, S.IP., M.A., Ph.D., dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Kepulauan (Unrika) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Peta perpolitikan Kota Batam menjelang Pemilihan Wali Kota (pilwako) 2020, sedang hangat.

Beberapa figur menyatakan siap berlaga pada kontestasi pesta rakyat itu. Sebut saja, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, Istri Wali Kota Batam Marlin Agustina Rudi.

Kemudian ada nama mantan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, Wakil Ketua II DPRD Kota Batam Ruslan M Ali Wasyim, Surya Makmur Nasution, kalangan pengusaha atau wiraswasta Yuhendri, politisi Gerindra Asnah dan sejumlah nama lain.

Lalu bagaimana potensi para tokoh di atas?

Pengamat politik Linayati Lestari, S.IP., M.A., Ph.D. mengatakan, siapa pun sosok yang dimunculkan ke publik memiliki potensi.

Apakah Anggota Polisi dan ASN Bisa Jadi Calon Pilkada? Ini Ulasannya

Hanya saja, menurut Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau Kepulauan (Unrika) ini, potensi seseorang calon harus dinilai dari beberapa indikator.

Ia misalkan dari segi popularitas, kapabilitas, latar belakang sosok, termasuk ketokohan. Jika dilihat dari nama-nama di atas, amatan Linayati masih terlihat biasa-biasa saja.

"Wajar misalnya manuver dalam perpolitikan, dan dalam ilmu perpolitikan menyodorkan diri ingin menjadi calon sangat dihalalkan.

Tetapi sekarang, figur ini siapa? Kalau kami melihat, sosok pak Rudi (Wali Kota Batam) saat ini malah kelihatannya seperti kuda hitam.

Karena kenapa, sepertinya masih melihat peluang. Bukan rahasia lagi, ketokohan dan popularitas beliau masih belum ada tertandingi menurut amatan kami," ujarnya, Kamis (21/11/2019) saat dimintai tanggapan.

Jadi Orang Nomor 1 atau 2 di Pilwako Batam, Surya Makmur Nasution Tunggu Hasil Survei

Ia melanjutkan sosok HM Rudi seakan masih menjadi teka-teki bagi rival politiknya. Dari pengamatan, bagi sebagian masyarakat Batam masih menginginkan Rudi berada di Kota Batam.

Apalagi saat ini Rudi sedang konsen membangun infrastruktur. Selanjutnya, penyatuan BP Batam dan Pemko Batam yang dijabat ex officio juga harus menjadi pertimbangan bagi rival Rudi dalam kontestasi.

"Namanya politik dinamis. Memang benar, pak Rudi banyak digadang-gadang ke provinsi. Tapi ingat, sekaliber perpolitikan pak Rudi musti diwaspadai.

Dalam artian bahwa, bisa saja ke kota dan ke provinsi. Tinggal poros kepartaian seperti apa membentuk koalisi," kata istri dari Alex B Raharja ini.

Halaman
12
Penulis: Leo Halawa
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved