Breaking News:

JOB FAIR DI BATAM

68.000 Orang Menganggur dan UMK Batam Terus Naik, Ini Harapan Apindo

Saat ini angka pengangguran terbuka di Batam mencapai 68.000 orang dan masih berpeluang bertambah jika ada perusahaan yang melakukan PHK.

Tribunbatam.id/Ian Sitanggang
Para pencaker memadati areal Job Fair di Batamindo Batam, Jumat (22/11/2019) 

68.000 Orang Menganggur dan UMK Batam Terus Naik, Ini Harapan Apindo 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ketua Apindo Batam, Rafki Rasyid berharap angka pengangguran terbuka di Batam yang kini mencapai 68.000 bisa sedikit demi sedikit dikurangi melalui penyelenggaraan Job Fair di Batamindo, Kota Batam.

"Dengan jumlah itu, tentu kami berharap sebanyak 2.000 pencari kerja dapat terserap dengan segala lowongan yang dibuka oleh 30 perusahaan," katanya kepada Tribun Batam, Jumat (22/11/2019).

Apalagi dengan naiknya Upah Minimum Kota (UMK) Batam, tentu ini menjadi salah satu faktor yang memengaruhi jumlah penggangguran.

"Dengan setiap kenaikan UMK itu perusahaan melakukan rasionalisasi. Minimal pengurangan ketenagakerjaan dan merumahkannya. Jadi, paling sederhana yang 2000 ini dapat terserap dulu di Job Fair," sambungnya.

Dia menjelaskan, perusahaan di Kota Batam sendiri terbagi menjadi dua yaitu perusahaan padat karya dan perusahaan padat modal.

Naiknya UMK sendiri tentu akan dirasakan langsung oleh perusahaan dengan jenis padat karya.

LOWONGAN KERJA BATAM - Tak Ada Stand Khusus Panitia Job Fair, Pencaker Bingung Cari Tempat Bertanya

"Perusahaan padat karya yang karyawannya di atas 1.000 jika kenaikan sekitar Rp 10 ribu saja akan berdampak dengan cost of production perusahaan. Ini membuat perusahaan mau tidak mau harus mengurangi karyawannya," ungkapnya.

Rafki pun menuturkan, meningkatnya jumlah pengangguran di Kota Batam ini tentu menjadi pekerjaan rumah (PR) tersendiri bagi Apindo.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepri, Tagor Napitupulu mengatakan sebanyak 68 ribu orang di Batam masuk dalam klasifikasi pengangguran terbuka.

Halaman
1234
Penulis: Pertanian Sitanggang
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved