BATAM TERKINI

BP Batam Dapat Kucuran Anggaran Rp 2,23 Triliun Dari Pemerintah Pusat Tahun Depan

Pada 2020 mendatang BP Batam mendapat sebanyak Rp 2,23 triliun. Sedangkan 2019 ini anggaran BP hanya mencapai Rp 1,8 triliun.

BP Batam Dapat Kucuran Anggaran Rp 2,23 Triliun Dari Pemerintah Pusat Tahun Depan
TRIBUNBATAM.ID/DEWIHARYATI
Kepala BP Batam yang juga Wali Kota Batam, Rudi, tengah berbincang dengan Dirut PT Kabil Citranusa, Peters Vincent (pegang berkas), beberapa waktu lalu 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pada 2020 mendatang, Badan Pengusahaan (BP) Batam mendapat peningkatan anggaran dari anggaran 2019. Peningkatan ini mencapai sekitar Rp 400 miliar.

Pada 2020 mendatang BP Batam mendapat sebanyak Rp 2,23 triliun. Sedangkan 2019 ini anggaran BP hanya mencapai Rp 1,8 triliun.

"Anggaran BP Batam sebesar Rp 2,232 triliun. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sudah terima dari Jakarta kemarin. Kita bahas secara utuh," ujar Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, di Batam Center, Selasa (26/11/2019).

Ia mengakui, nilai anggaran dan evaluasi rencana strategis (Renstra) belum mengetahui secara pasti apa yang masuk dalam Renstra. Termasuk, apa yang mau dibuat kedepan dan apa kebijakan yang masuk dalam renstranya.

Rudi mengatakan, dalam Renstra nantinya akan diperhatikan fokus BP Batam dalam pengembangan investasi. Termasuk juga program penunjang investasi, seperti pembangunan jalan.

Pelabuhan Pelni Terganjal Biaya Pengerukan, Rudi: Kalau BP Batam & Pelni Tak Bisa, Alihkan ke Pemko



Direncanakan, BP juga akan mengambil peran dalam pengembangan jalan.

"Tugasnya BP, bagaimana investasi dikembangkan. Pengembangan investasi, mulai industri galangan, industri elektronik, industri pariwisata dan lainnya.

Sedangkan Pemko mengembangkan pariwisatanya. Semua akan membutuhkan akses infrastruktur. Jadi BP juga akan membangun jalan," tegas Rudi.

Sementara itu, DIPA sudah keluar. Namun, karena Renstra sudah disusun sebelum dirinya menjabat Kepala BP, sehingga akan dilakukan kajian. Untuk program yang dinilai kurang tepat, rencananya akan diubah.

"Saya akan dudukkan di BP. Tapi itu DIPA lama, yang bukan era saya. Maka saya besok akan lihat. Akan saya geser kalau menurut saya tidak tepat. Maka Renstra menjadi perhatian utama," kata Rudi.

HM Rudi Ikuti Rapat Marathon BP Batam, Bahas Realisasi Anggaran 2019 dan Proyeksi 2020



Namun untuk program 2020, lanjutnya, direncanakan akan dikaji, khususnya yang sifatnya strategis. Usulan tambahan itu juga untuk mendukung industri.

Pada 2019, BP juga menyiapkan anggaran untuk mendukung pembangunan jalan industri dan bandara serta pelabuhan. 

(tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved