Breaking News:

Menjaga Sumber Air Baku untuk Keberlangsungan Masa Depan Batam

Pulau Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura tidak memiliki sumber air melimpah seperti kota-kota lain di Indonesia.

Editor: Dewi Haryati
istimewa
Presiden Direktur ATB, Ir Benny Andrianto MM bersama Kepala Kantor Air dan Limbah BP Batam, Binsar Tambunan, Direktur Promosi dan Humas BP Batam Dendi Gustinandar dan tim saat melakukan penanaman pohon di DTA Waduk Sei Harapan 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Ketersediaan air baku yang cukup di Pulau Batam harus menjadi perhatian utama, hal tersebut dikarenakan air baku yang sangat terbatas.

Pulau Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura tidak memiliki sumber air melimpah seperti kota-kota lain di Indonesia.

Air baku yang ada hanya mengandalkan curah hujan yang ditampung di lima waduk yang dibangun oleh Otorita Batam/BP Batam.

Waduk Duriangkang jadi tulang punggung menopang 70 persen kebutuhan air bagi warga Batam.

Terbatasnya sumber air baku membuat ATB bersama pemerintah melalui BP Batam sangat menjaga ketersediaan air baku.

"Sumber air yang ada saat ini patut kita jaga, karena kebutuhan air bersih hanya bersumber dari curah hujan yang ditampung dalam waduk. Menjaga Daerah Tangkapan Air (DTA) ikut berkontribusi untuk keberlangsungan masa depan Batam," ungkap Head of Corporate Secretary ATB Maria Jacobus, Selasa (26/11/2019).

Maria menambahkan, lima waduk yang ada saat ini aktif digunakan sebagai sumber air baku.

Keberadaan waduk di Batam tidak seharusnya digunakan untuk kepentingan lain, apalagi dapat mempengaruhi kualitas air ataupun menggangu fungsi catchment area

"Secara bersama-sama kita sebagai warga Batam harus lebih peduli menjaga waduk yang ada. Waduk merupakan satu-satunya sumber air bagi masyarakat Batam. Partisipasi masyarakat juga diperlukan agar waduk yang ada bisa berfungsi dan selalu terjaga," ucap Maria.

Kondisi Batam yang tidak memiliki sumber daya air yang melimpah, cukup rentan mengalami kekeringan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved