Telkomsel Berhasil Lakukan Video Call dengan Jaringan 5G di Batam

Telkomsel berhasil melakukan panggilan telepon seluler menggunakan fitur video call berbasis aplikasi pertama di Indonesia dengan jaringan 5G di Batam

Telkomsel Berhasil Lakukan Video Call dengan Jaringan 5G di Batam
tribunbatam.id/nabella
Suasana saat melakukan Video Call perdana menggunakan Telkomsel 5G dalam gelaran “Telkomsel 5G for Industry 4.0” yang berlangsung di Kota Batam, Kamis (28/11/2019).  

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sebagai wujud nyata dari komitmen Telkomsel dalam menyediakan koneksi terhadap teknologi jaringan guna mengedepankan prinsip customer-centric bagi seluruh segmen pelanggan, Telkomsel memperhatikan segmen business-to-business (B2B) maupun business-to-consumer (B2C). 

“Para pelaku industri membutuhkan teknologi jaringan yang mampu membuka lebih banyak peluang dan kemungkinan agar bisa berkolaborasi bersama menyukseskan inisiatif pemerintah Making Indonesia 4.0,” ujar Acting CEO Telkomsel Heri Supriadi, Kamis (28/11/2019) di Batam

Dikatakan Heri, Telkomsel 5G for Industry 4.0 sendiri hadir untuk para pelaku industri.

Heri mengatakanTelkomsel juga berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI). 

“Sehingga uji coba dilakukan sesuai dengan standar 5G NR (New Radio) yang ditetapkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP), organisasi yang menyusun protokol untuk jaringan mobile,” ujarnya. 

Telkomsel Gelar Uji Coba 5G untuk Kebutuhan Industri di Batam  



Sepanjang periode uji coba jaringan 5G di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk patuh dengan ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah serta untuk mengoptimalkan kesempatan tersebut guna mengakselerasi kesiapan ekosistem 5G secara matang.

Pada penyelenggaraan uji coba 5G di Batam ini, Telkomsel juga berkolaborasi dengan Ericsson, salah satu mitra strategis Telkomsel yang telah berpengalaman sebagai penyedia jaringan 5G di seluruh dunia. 

“Kami berkolaborasi untuk menghadirkan beberapa use-case atau implementasi teknologi terkait penyediaan solusi layanan sektor industri yang terintegrasi dengan layanan jaringan 5G,” tuturnya. 

Sejumlah use-case tersebut terdiri dari Smart Air Patrol, Smart Surveillance, Immersive Collaboration, Future City Planning, 5G Call, Immersive Entertainment, Seamless Gaming, dan Industry 4.0 Enabler. 

Melalui use-case tersebut, Telkomsel memberikan kesempatan bagi para pelaku industri untuk melihat dan mencoba secara langsung sejumlah penerapan 5G yang mampu menunjang operasional perusahaan. 

Dalam gelaran acara Telkomsel 5G for Industry 4.0 tersebut, Telkomsel juga berhasil melakukan panggilan telepon seluler menggunakan fitur video call berbasis aplikasi pertama di Indonesia dengan menggunakan jaringan 5G, yang didukung oleh perangkat smartphone 5G dari Oppo.

“Penyelenggaraan “Telkomsel 5G for Industry 4.0” dapat mendorong Indonesia agar menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia pada 2030,” ucapnya. 

Maka dari itu, teknologi ini diharapkan mampu berkontribusi dalam kemajuan perekonomian Indonesia di masa yang akan datang.

Ke depannya, Telkomsel juga akan melanjutkan rangkaian uji coba jaringan 5G di berbagai kota di Indonesia melalui implementasi lintas sektor guna memastikan pemanfaatan teknologi 5G dapat mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia.  


(Tribunbatam.id/Nabella Hastin Pinakesti

Penulis:
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved