HARI AIDS SEDUNIA

Jelang Hari AIDS Sedunia 2019, WHO Rilis Penguatan Pedoman Untuk Layanan Tes HIV

WHO merilis penguatan pedoman untuk pelayanan tes HIV sebelum Hari AIDS Sedunia. Hal ini ditujukan untuk setiap orang yang ingin memeriksa virus HIV.

Jelang Hari AIDS Sedunia 2019, WHO Rilis Penguatan Pedoman Untuk Layanan Tes HIV
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA/FREEPIK.COM
Ilustrasi Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2019. 

TRIBUNBATAM.id - Dengan komitmen untuk mengurangi kematian akibat HIV dan memperkenalkan pengobatan kepada semua, organisasi internasional di seluruh dunia akan merayakan Hari AIDS Sedunia pada tanggal 1 Desember 2019.

Peringatan tahunan ini pertama kali diprakarsai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1988 sebagai hari untuk menyatukan dunia dalam perang melawan HIV / AIDS.

Lebih dari 30 tahun, ini merupakan kesempatan untuk merefleksikan kemajuan ilmiah di lapangan, mengevaluasi kualitas hidup orang yang menderita HIV di seluruh dunia, dan menilai kemajuan untuk mengakhiri permasalahan ini.

Antara tahun 2000 dan 2018, tingkat infeksi HIV baru turun 37% dan mortalitas terkait HIV menurun 45%.

Tema untuk peringatan tahun ini adalah "Ending the HIV/AIDS Epidemic: Community by Community.” atau “Mengakhiri Wabah HIV / AIDS: Komunitas demi Komunitas.”

Pada akhir 2018, ada sekitar 37,9 juta orang yang hidup dengan HIV di seluruh dunia, menurut WHO.

HARI AIDS SEDUNIA - Dinas Kesehatan Sarolangun Adakan Cek HIV/AIDS Gratis di Puskesmas

Berkat upaya internasional untuk meningkatkan respons terhadap wabah, 62% orang dewasa dan 54% anak-anak di negara berpenghasilan rendah dan menengah menerima terapi antiretroviral (ART) pada 2018.

WHO mencatat bahwa tidak semua orang dapat mengakses tes dan perawatan HIV.

Faktanya, target Super-Fast-Track 2018 untuk mengurangi infeksi HIV baru di antara pasien anak-anak menjadi 40.000 tidak terpenuhi, yang membahayakan status target global 2020.

Selain itu, karena kesenjangan dalam perawatan, 770.000 orang meninggal karena HIV pada 2018 dan 1,7 juta orang terinfeksi.

Halaman
123
Penulis: Putri Larasati Anggiawan
Editor: Putri Larasati Anggiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved