Breaking News:

KEPRI TERKINI

Arahan KPU RI, Hari Ini Komisioner KPU Provinsi Kepri Ambil Alih Tugas KPU Batam

Ketua KPU Kepri, Sriwati mengatakan, pengambil alihan tugas KPU Batam ini berlaku sampai KPU RI melantik komisioner KPU Batam yang baru.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
tribunbatam.id/istimewa
Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati. Sesuai arahan KPU RI, KPU Provinsi Kepri mengambil alih tugas KPU Batam setelah lima komisioner KPU Batam diberhentikan oleh DKPP. 

TRIBUNBATAM.id,TANJUNGPINANG - Tugas komisioner KPU Batam diambil alih oleh KPU Provinsi Kepri.

Hal ini setelah KPU Republik Indonesia menerbitkan surat resmi terkait pemecatan komisioner KPU Batam

"Sesuai perintah dari KPU RI seperti itu. Kami mengambil alih tugas KPU Batam," ujar Ketua KPU Kepri Sriwati, Selasa (3/12/2019).

Sriwati menyampaikan, pengambilan alihan tugas ini berlaku sampai KPU RI melantik Komisioner KPU Batam yang baru.

Dalam aturan PKPU Nomor 7 tahun 2017, penggantian komisioner KPU Batam akan diambil dari peserta seleksi yang menduduki peringkat tertinggi saat proses seleksi komisioner.

"Tapi tetap berdasarkan keputusan KPU RI. Apakah urutan tertinggi itu memenuhi syarat atau tidak. Kalau tidak, bisa urutan dibawahnya lagi yang dipilih. Untuk batas waktu pengambil alihan tugas ini, kami belum tahu sampai kapan," ucapnya kembali.

Lima komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam diberhentikan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKPP) Republik Indonesia.

Kelimanya yang diberhentikan, yakni Ketua KPU Syahrul Huda, Anggota, Sudarmadi, Zaki Setiawan, M Sidik, dan Muliadi Evendi.

Kelimanya dipecat lantaran diduga melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu nomor perkara 181-PKE- DKPP/VII/2019 dan 157-PKE- DKPP/VI/2019.

Sidang sebelumnya telah digelar pada Jumat (9/8/2019) pukul 10.30 WIB.

Teradu adalah Ketua dan Anggota KPU Provinsi Kepulauan Riau, yakni Sriwati, Arison, Widiono Agung, Priyo Handoko, dan Parlingdungan Sihombing.

Teradu lainnya adalah Ketua dan Anggota KPU Kota Batam, Syahrul Huda, Zaki Setiawan, Sudarmadi, Muhammad Sidik, dan Muliadi Evendi.

Hanya saja, KPU Kepri tak terbukti dan direhabilitasi.

Duduk Perkara

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved