BATAM TERKINI

Kadisbudpar Sebut Program Great Sale Tingkatkan Kunjungan Wisman Batam

Jumlah kunjungan wisman Oktober 2019 mengalami peningkatan dibandingkan dengan Oktober tahun lalu. Kadisbudpar sebut peningkatan ini karena Great Sale

Kadisbudpar Sebut Program Great Sale Tingkatkan Kunjungan Wisman Batam
TRIBUNBATAM/ARGIANTODANUGRAHA
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Oktober 2019 ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan Oktober tahun lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, peningkatan ini dikarenakan program Batam Great Sale dan juga penunjang lainnya.

Jumlah kunjungan Oktober 2019 ini sebanyak 159.292 kunjungan. Jumlah tersebut meningkat sekitar 12 persen dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2018 lalu, yaitu 141.337 kunjungan.

Ardi mengatakan, biasanya pada Oktober selalu sepi dari publik. Kebanyakan masyarakat memilih liburan di Singapura dan Malaysia.

Namun saat ini kedua negara tersebut menjadi negara utama yang menyumbangkan jumlah kunjungan wisman ke Kota Batam.

Merekam hingga Lari Ketakutan, Begini Reaksi Wisman saat Driver Taksi Online & Konvensional Ribut



"Selain Singapura dan Malaysia, ada juga Tiongkok, India, Filipina, Korea Selatan, Jepang, Inggris dan Australia serta yang lainnya," katanya.

Awalnya, Pemerintah Kota Batam bersama pengelola mal melakukan meeting terkait rencana great sale ini. Mereka sepakat program great sale dilakukan pada Oktober karena berbagai alasan seperti, pada Oktober biasanya disebut bulan hantu karena sepi pengunjung.

"Kalau Desember kan memang sudah pasti ramai. Sedangkan Oktober dan Januari disebut low season. Jadi kami sepakat program ini dilakukan pada Oktober," katanya.

Ardi melanjutkan, upaya lainnya dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisman, karena beberapa program yang dijalankan pemerintah, antara lain Hot Deals, yang memberikan potongan harga untuk paket liburan ke Batam pada hari-hari kerja dan program pariwisata perbatasan.

"Batam semakin menarik dan nyaman untuk menjadi tujuan wisata," kata Ardi.

Kunjungan Wisman di Batam Selama September 2019 Naik

Ia optimis mampu mencapai target 2,4 juta kunjungan wisman di sepanjang 2019. Bahkan dirinya juga mengapresiasi keamanan oleh kepolisian yang membuat kenyamanan bagi para wisatawan mancanegara.

"Kami tetap optimistis. Seperti biasa, di akhir tahun, angka kunjungan wisman meningkat, karena banyaknya agenda wisata, juga libur panjang.

Bulan inikan kenaikannya hampir 18 ribu wisatawan. Inikan luar biasa. Kalau kita lihat data yang paling tinggi itu di bulan Agustus kemarin," paparnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan pada Oktober 2019 meningkat sebanyak 159.292 dibandingkan dengan Oktober 2018 yang hanya 141.337 kunjungan.

Dengan peningkatan itu, jumlah kunjungan wisman ke Batam sepanjang Januari-Oktober 2019 sebanyak 1.590.458 kunjungan, meningkat dibandingkan dengan periode sebelumnya sebanyak 1.498.848 kunjungan.

(tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved