HARI ANTI KORUPSI 2019

Kamu Perlu Tahu, Inilah 7 Lembaga Anti Korupsi di Dunia Selain KPK

Selain KPK, Ada tujuh lembaga khusus di dunia yang menangani korupsi. Diantaranya IACC Hong Kong, CPIB Singapura, dan lainnya

Kamu Perlu Tahu, Inilah 7 Lembaga Anti Korupsi di Dunia Selain KPK
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA/FREEPIK.COM
Ilustrasi anti korupsi 

TRIBUNBATAM.id Dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diberi amanat melakukan pemberantasan korupsi secara profesional, intensif, dan berkesinambungan.

KPK merupakan lembaga negara yang bersifat independen, yang dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya bebas dari kekuasaan manapun.

Nah, sejak UU-nya dibentuk hingga saat ini, KPK telah banyak mengungkap kasus-kasus korupsi di Indonesia yang merugikan negara.

Pelakunya rerata pejabat tinggi, ada yang posisinya gubernur, wali kota, bupati, hakim, jaksa, dan sebagainya.

Nah, jelang Hari Anti Korupsi Sedunia, kamu perlu tahu, jika di Indonesia ada KPK, di negara lain ternyata juga memiliki lembaga khusus yang menangani korupsi. Apa saja?

1. IACC Hong Kong

Independent Commision Againts Corruption merupakan lembaga seperti KPK di Hong Kong. Lembaga ini berdiri sejak Februari 1974 untuk memberantas kasus-kasus korupsi yang bergejolak ketika itu.

Sektor pembangunan mengalami perkembangan pesat pada 1960-an hingga 1970-an. Selain berdampak positif, ada juga yang memanfaatkannya untuk mencari "ladang tambahan" bagi kepentingan pribadi.

Selain itu, muncul stigma di masyarakat bahwa pelayanan baik dan cepat baru bisa didapat setelah memberikan uang kepada oknum aparat pemerintah. Akibatnya, suap dan praktik korupsi berkembang di Hong Kong.

Tak hanya itu, Kepolisian Hong Kong juga terindikasi melindungi pelaku perjudian, prostitusi, dan bandar narkoba. Ini membuat praktik korupsi di negara itu semakin liar.

IIACC pun dibentuk untuk membereskan masalah tersebut. Lembaga ini memiliki tiga strategi untuk memberantas korupsi, yakni pencegahan, penindakan dan pendidikan.

Komitmen yang ditunjukan lembaga ini menjadi percontohan lembaga pemberantasan korupsi di negara lain. Kunci keberhasilannya adalah komitmen dan melakukan pendekatan yang maksimal.

IACC juga mendapatkan dukungan keuangan yang cukup besar, jumlah tenaga ahli yang mencukupi, dan konsistensi dukungan pemerintah selama lebih dari 30 tahun.

2. CPIB Singapura

Walaupun termasuk negara kecil di kawasan ASEAN, Singapura juga memiliki lembaga untuk menangani masalah korupsi, yakni Corrupt Practices Investigation Bureau.

Halaman
1234
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved