BINTAN TERKINI

Dapat Laporan Warga, UPT Damkar Tanjung Uban Evakuasi Sarang Tawon di Rumah Kosong di Bintan

Warga yang melapor ke UPT Damkar Tanjung Uban, Bintan khawatir sarang tawon itu akan menyengat warga, terlebih anak-anak.

Dapat Laporan Warga, UPT Damkar Tanjung Uban Evakuasi Sarang Tawon di Rumah Kosong di Bintan
tribunbatam.id/istimewa
Personel UPT Damkar Tanjunguban dibantu personel Damkar Pemko Tanjungpinang mengevakuasi sarang tawon di sebuah rumah kosong di RT 03 RW 03, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Kamis (5/12/2019). 

TRIBUNBINTAN.id,BINTAN - Warga RT 03 RW 03 resah dengan keberadaan sarang tawon di Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan.

Mereka khawatir keberadaan sarang tawon berukuran 80x80 centimeter itu akan menyengat warga. 

Salah seorang warga, Johan Wahyudi pun membuat laporan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Tanjung Uban. 

"Khawatir betul kami. Sebab ada anak kecil yang suka bermain di belakang rumah," ucapnya Kamis (5/12/2019). 

Petugas Damkar pun langsung begerak. Unit yang berada di bawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan langsung mengevakuasi sarang tawon tersebut.

Sarang tawon di sebuah rumah kosong di RT 03 RW 03, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Kamis (5/12/2019).
Sarang tawon di sebuah rumah kosong di RT 03 RW 03, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Kamis (5/12/2019). (tribunbatam.id/istimewa)

Kepala Tata Usaha UPT Damkar Tanjunguban, Panyodi menyampaikan, bahwa proses evakuasi sarang tawon itu dilakukan karena menerima laporan masyarakat adanya sarang tawon yang sudah meresahkan di sebuah rumah kosong.

Namun peralatan minim, sehingga pihaknya meminta bantuan ke Damkar Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang.

"Peralatan pun tiba dilokasi dan tim langsung mengevakuasi sarang tawon itu dengan peralatan lengkap,"tuturnya.

Panyodi juga menyebutkan,dalam proses evakuasi, ada dua orang anggota Damkar dari UPT Damkar Tanjunguban dan anggota Damkar Pemko Tanjungpinang yang melakukan evakuasi.

Tim yang turun tangan langsung mengevakuasi sarang tawon juga di lengkapi seragam yang lumayan tebal dan berat untuk mencegah sengatan tawon tersebut.

Personel UPT Damkar Tanjunguban dibantu personel Damkar Pemko Tanjungpinang mengevakuasi sarang tawon di sebuah rumah kosong di RT 03 RW 03, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Kamis (5/12/2019).
Personel UPT Damkar Tanjunguban dibantu personel Damkar Pemko Tanjungpinang mengevakuasi sarang tawon di sebuah rumah kosong di RT 03 RW 03, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Bintan, Kamis (5/12/2019). (tribunbatam.id/istimewa)

"Kedua anggota Damkar itu juga menggunakan helm tertutup yang sangat aman dalam proses evakuasi,"tuturnya.

Panyodi juga menambahkan, proses evakuasi tidak memakan waktu lama, dan setelah sarang tawon di evakuasi oleh tim, tim langsung memasukkan sarang tawon tersebut ke dalam wadah yang aman.

"Setelah kita evakuasi, sarang tawon itu langsung kita bakar," ucapnya.(tribunjbatam.id/alfandisimamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved