BINTAN TERKINI

Terkendala Status Hutan Lindung, Dinas Perkim Kesulitan Bangun TPS di Bintan

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Bintan, Juni Rianto berencana membangun dua TPS di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.

Terkendala Status Hutan Lindung, Dinas Perkim Kesulitan Bangun TPS di Bintan
tribunbatam.id
Kepala Dinas Perkim Kabupaten Bintan, Juni Rianto, Kamis (05/12/2019). Rencana penambahan dua Tempat Penampungan Sementara (TPS) terkendala status lahan. 

TRIBUNBINTAN.id,BINTAN - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Bintan belum juga bisa menambah Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah pada tahun ini. 

Sulitnya mencari lahan untuk pembangunan TPS menjadi masalahnya. Rencana penambahan TPS sudah dilakukan Dinas Perkim Kabupaten Bintan dengan menambah dua titil di Bintan bagian Utara dan Bintan bagian tengah.  

Selain persoalan lahan, kendala untuk menambah TPS di Kabupaten Bintan disebabkan adanya Surat Keputusan (SK) kehutanan yang menyatakan lahan yang rencananya akan digunakan sudah menjadi kawasan hutan lindung

"Khususnya di Bintan bagian Utara, sedangkan di Bintan bagian tengah memang belum ada lahan yang kita dapat," ujar Kepala Dinas Perkim Kabupaten Bintan, Juni Rianto Kamis (5/12/2019). 

Juni menambahkan, luas lahan yang diperlukan untuk membangun TPS mencapai 5 Hektare. 

Rencana penambahan dua TPS  di Bintan bagian utara dan bagian tengah ini bukan tanpa alasan.

Pertimbangan tempat penjemputan sampah itu yang diatur dengan jarak maksimal 40 Kilometer menjadi salah satu dasarnya.

Meski menemukan kendala, namun Juni Rianto berupaya agar rencana penambahan TPS itu bisa terealisasi.

"Kalau dari Bintan bagian utara jika dijemput dan dibuang di TPS Bintan bagian timur di Sei Enam itu jaraknya tidak sesuai aturan, bisa 100 Kilometer lebih. Kami berupaya agar rencana penambahan TPS itu bisa terealisasi," ungkapnya. (tribunbatam.id/alfandisimamora)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved