Pemko Batam Berangkatkan Umrah 40 Tokoh Agama dan Masyarakat

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako Batam, Riama Manurung mengatakan, ada 40 tokoh agama dan tokoh masyarakat yang umrah tahun ini

Pemko Batam Berangkatkan Umrah 40 Tokoh Agama dan Masyarakat
Tribun Batam/Candra P. Pusponegoro
ilustrasi umrah. Umat muslim sedang berdoa di depan Kabah di Kota Makkah al Mukaramah, Arab Saudi, (7/6/2012) lalu. Sepanjang waktu, tempat ini selalu dibanjiri umat Islam dari seluruh dunia untuk mereka yang akan menunaikan ibadah umrah dan haji. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemerintah Kota Batam kembali memberangkatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat ibadah umrah ke tanah suci.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako Batam, Riama Manurung mengatakan, ada 40 tokoh agama dan tokoh masyarakat yang umrah tahun ini.

“Rombongan berangkat pada hari Minggu (1/12) lewat Singapura,” kata Riama di Batam Centre, sebagaimana dilansir dari Media Center Batam, Sabtu (7/12/2019).

Mereka yang melaksanakan ibadah umrah adalah imam masjid, guru tempat pendidikan Al-Quran (TPQ), serta mubaligh dari 12 kecamatan di Kota Batam.

Bersama mereka, terdapat dua pendamping dari Pemerintah Kota Batam. Serta ikut bersama rombongan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain.

Otoritas Uji Kelaikan Travel Haji dan Umrah Pemerintah Dilimpahkan ke 11 Lembaga Akreditasi Global




“Tahun 2018 ada 25 tokoh agama dan tokoh masyarakat. Pendampingnya sama, dua orang. Waktu itu saya bersama Camat Galang sebagai pendamping,” ujarnya.

Riama menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Perwako Nomor 50 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Berupa Pemberangkatan Ibadah Umrah Kepada Tokoh Masyarakat yang Berperan Mewujudkan Masyarakat Yang Religius, Beradab, dan Berbudaya di Kota Batam.

Sesuai ketentuan yang diatur di dalam Perwako, peserta yang mengikuti ibadah umrah ini harus mengikuti seleksi, berupa tes administrasi, tes tertulis, dan tes wawancara. 

Tim seleksi dikoordinir oleh Sekretaris Daerah Kota Batam melalui Bagian Kesra dan beranggotakan lima orang.

Ketua tim seleksi pelaksanaan ibadah umrah adalah Asisten Pemerintahan dan Kesra, Yusfa Hendri. Sedangkan Riama bertugas sebagai sekretaris.

Anggotanya terdiri dari Inspektur Kota Batam Heriman, Kasi PHU Kemenag Amanuddin, dan mewakili Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batam Efendi Asmawi. (*)

Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved