TANJUNGPINANG TERKINI

81 Orang Lulus Seleksi Administrasi Panwascam di Tanjungpinang, Ini Tahapan Berikutnya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang resmi mengumumkan 81 calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang telah lulus administrasi

81 Orang Lulus Seleksi Administrasi Panwascam di Tanjungpinang, Ini Tahapan Berikutnya
istimewa
Komisioner Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini, Mariyamah dan Novira Damayanti, saat melakukan uji coba tes tertulis sistem online Socrative secara nasional di Lab.Komputer SMA 1, Senin (9/12) lalu. 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang resmi mengumumkan 81 calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang telah lulus administrasi pada Selasa (10/12/2019).

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini menjelaskan, pengumuman resmi tersebut tertuang dalam Surat Nomor: 009/POKJA/BAWASLU-KR-06/KP.01.00/XII/2019 Tentang Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota Panwas Kecamatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Tahun 2020.

"Pengumuman ini lebih cepat dua hari, 10 Desember, dari jadwal timeline yang sudah dibuat sebelumnya, 12 Desember. Karena berdasarkan surat Bawaslu RI Nomor: 0547/K.Bawaslu/TU.00.01/XII/2019 tanggal 9 Desember 2019 tentang Penjelasan Pengumuman Administrasi, Tes Online/Tertulis dan Tes Wawancara Panitia Pengawas Kecamatan dalam Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota Tahun 2020," ungkap Zaini yang juga Koordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Rabu (11/12/2019).

Zaini menambahkan, pengumuman resmi dapat dilihat di papan pengumuman Bawaslu, atau laman website dan media sosial Bawaslu Kota Tanjungpinang.

Dalam pengumuman tersebut juga memuat waktu dan tempat pelaksanaan tes tertulis serta tes wawancara bagi peserta yang lulus.

"Sebelum diumumkan, Bawaslu telah melakukan proses penelitian administrasi terhadap berkas lamaran peserta calon Panwascam, sesuai pedoman perekrutan Panwascam," tegas Zaini.

Sudah 135 Orang Daftar Panwascam Untuk Pilkada Batam 2020



Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Tanjungpinang Novira Damayanti yang juga Kordiv.SDM, Data dan Informasi, berharap ada tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap pendaftar yang telah lulus administrasi tersebut.

Jika diduga terlibat dalam unsur politik (baik pengurus/anggota/tim kampanye/tim sukses) atau dugaan mantan melakukan tindak kriminalitas/narkoba atau adanya perbuatan yang mempengaruhi integritas dan profesionalitas sebagai pengawas Pilkada.

Tanggapan dapat diberikan mulai tanggal 10 sampai15 Desember. Formulir tanggapan dapat diambil atau diantarkan di kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang Jl.DI.Panjaitan, Komplek Bintan Centre, Blok C, No.14-15, atau dikirimkan langsung melalui email.

Selanjutnya, peserta yang lulus mengikuti ujian tertulis, yang akan dilaksanakan  Jumat, 13 Desember, di SMA 1 Jl.DR.Soetomo, Kel. Bukit Cermin, Tanjungpinang Barat, dengan sistem online Socrative.

"Informasi teknis lebih lanjut, peserta dapat melihat pengumuman di kantor Bawaslu, atau dapat konfirmasi kepada panitia Pokja," tutur Novi.

Minim Peminat, Bawaslu Anambas Perpanjang Masa Pendaftaran Panwascam Kawal Pilkada Anambas 2020

Sedangkan Mariyamah, Komisioner Bawaslu Kordiv. Hukum dan Penindakan pelanggaran berharap, semoga terpilih Panwascam yang berintegritas dan profesionalitas dalam menciptakan Pilkada 2020 yang demokratis, bermartabat dan berkualitas.

"Penyelenggara yang befintegritas dan profesionalitas menjadi faktor dalam mensukseskan pengawasan Pilkada yang demokratis dan bersih", tegasnya.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Penulis: Endra Kaputra
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved