ANAMBAS TERKINI

Sosok Petinggi Adat di Anambas Tutup Usia, Masyarakat Berduka

Anambas berduka. Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Ir. H. Herdi Usman tutup usia, Rabu (11/12/2019).

Sosok Petinggi Adat di Anambas Tutup Usia, Masyarakat Berduka
tribunbatam.id/rahma tika
Ir. H. Herdi Usman(64) tutup usia. Beliau adalah Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Anambas. Masyarakat tampak memenuhi halaman rumah duka, yang terletak di jembatan selayang pandang, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anamabas 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Anambas berduka. Itulah yang kini tengah menyelimuti masyarakat Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pasalnya, orang ternama di Kepulauan Anambas yang merupakan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Ir. H. Herdi Usman (64) meninggal dunia, pada Rabu (11/12/2019) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa.

Almarhum tutup usia pada umur 64 tahun. Pantauan tribunbatam.id di rumah duka yang terletak di jalan Jembatan Selayang Pandang, begitu banyak masyarakat dan pejabat daerah yang datang melayat.

Sekretaris LAM Syarifuddin mengatakan, begitu kehilangan sosok pemimpin terbaik seperti almarhum Herdi Usman.

Sebab mendiang adalah sosok yang begitu bijaksana, disegani masyarakat, dan pemberi nasihat terbaik, terkhusus untuk kemajuan adat istiadat Melayu di Kepulauan Anambas.

"Rasanya kita semua sangat kehilangan sosok almarhum, setahu saya almarhum melawan sakit yang dideritanya itu hampir lima bulanan. Kalau berobat keluarga almarhum sampai bawa ke Malaysia juga waktu itu," ujar Syarifudiin, pada Rabu (11/12/2019).

CUACA EKSTRIM - Bupati Anambas Sebar Spanduk Himbauan: Engat Wak! Gelumbang Beso

 



Selain menjabat sebagai Ketua LAM Kepulauan Anambas, Herdi Usman juga pernah menjadi Sekretaris Daerah pertama di Kabupaten Kepulauan Anambas, kemudian menjabat sebagai Staf Ahli Bupati, lalu menjabat sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan.

Sedangkan di Kabupaten Natuna, Herdi Usman pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Asisten II.

Ir. H. Herdi Usman semasa hidup
Ir. H. Herdi Usman semasa hidup (istimewa)

Pria kelahiran 1955 itu meninggalkan tiga orang anak dan tiga orang cucu.

Tampak hadir di rumah duka yang melayat, yaitu TNI dan Polri, Seluruh Organisasi Perangkat Daerah, masyarakat setempat, seluruh anggota LAM.

Jenazah beliau dikabarkan dimakamkan sehabis Ashar di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Melayu Tarempa.

(tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved