Women To Infinity

Ditanya Soal Keberpihakan Balon Wali Kota Batam dengan Petani, INI Jawaban Lukita

Perwakilan Perempuan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mempertanyakan komitmen para bakal calon tentang keberpihakan kepada para petani.

Ditanya Soal Keberpihakan Balon Wali Kota Batam dengan Petani, INI Jawaban Lukita
tribunbatam.id/alamudin
Balon Wali Kota Batam 2020 berfoto bersama Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi (PPLIPI) di Atrium Grand Batam Mall, Sabtu (14/12/2019). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - DPW Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi (PPLIPI) Kepri menggelar diskusi untuk para bakal calon Wali Kota Batam yang berencana maju di pemilihan wali kota (pilwako) Batam 2020 mendatang.

Dalam kesempatan diskusi itu, perwakilan Perempuan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mempertanyakan komitmen para bakal calon tentang keberpihakan kepada para petani.

Pertanyaan yang disampaikan oleh perwakilan perempuan HKTI Kepri tersebut diberikan kesempatan menjawab kepada Lukita Dinarsyah Tuwo.

Lukita dalam pemaparannya menyampaikan harus mengikuti ketentuan yang berlaku.

"Kita harus mengikuti peraturan yang berlaku, kita harus bisa memberikan lahan yang dibutuhkan oleh para petani kita," ujar Lukita pada Sabtu (14/12/2019) di atrium Grand Mall Batam.

Ia mengungkapkan bahwa tata ruang yang bisa direvisi sekali lima tahun sebagai kesempatan untuk mengakomodir kepentingan para petani, tetapi para petani juga harus benar-benar diinventarisir agar penggunaan lahan tersebut kedepan sesuai dengan peruntukannya.

"Di tata ruang kita yang bisa kita revisi sekali dalam lima tahun, kita inventarisasi mana yang betul-betul petani. Jadi ketika kita berikan lahannya, jangan dipakai untuk yang lain," ujar Lukita dalam diskusi yang diadakan oleh DPW PPLIPI Kepri tersebut.

Ia juga menilai, selain pemberian lahan untuk para petani, mereka juga harus diberikan edukasi agar bisa memanfaatkan keterbatasan lahan agar bisa maksimal kedepannya.

"Tidak cukup dengan pemberian lahan saja. Para petani juga harus kita tingkatkan pemahaman teknologi agar bisa memanfaatkan lahan yang kecil, sehingga produksi bisa surplus," ujarnya.

Ia berjanji, kedepannya jika ia memimpin roda Pemerintahan Kota Batam, maka dirinya akan berupaya membantu para petani dalam pengelolaannya.

Halaman
1234
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved