BATAM TERKINI

Siap Siap, Investasi Rp 20 Triliun Bakal Masuk ke Batam, Butuh 10 Ribu Tenaga Kerja

Kepala BP Batam, Rudi menyebut investor besar bakal masuk ke Batam, membawa investasi sebesar Rp 20 triliun dan bergerak di industri penerbangan

wahyu
Kepala BP batam Rudi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dunia investasi Batam mulai beranjak naik. Pada peringatan Hari Jadi Batam (HJB) ke 190 tahun, Wali Kota ex Officio Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi membeberkan dalam waktu dekat akan ada investor besar masuk ke Batam.

Investor ini, kata Rudi, membawa investasi sekitar Rp 20 triliun, dan bergerak di industri penerbangan. Rencana investor ini masuk Batam, diakui sudah disetujui Presiden RI, Joko Widodo.

"Kita sudah bertemu investor besar. Bahkan ini masuk kategori sangat besar. Rp 20 triliun modalnya. Besar itu kan. Akan membangun MRO dan pembuatan pesawat di Batam," kata Rudi, Selasa (17/12/2019).





Sebelumnya, Rudi mengaku sudah menyurati Presiden RI, Joko Widodo, terkait dengan rencana investasi dan disetujui. Jika rencana investasi ini segera dimulai dan pembangunan dilakukan dalam lima tahun, akan menyedot tenaga kerja yang tidak sedikit.

"Karena investasinya cukup besar, saya melakukan konsultasi kepada Pak Presiden. Alhamdulillah beliau setuju. Saya dengan Presiden sudah menyetujui. Kalau sudah jalan 5 tahun, akan menampung 10 ribu tenaga kerja, karena membutuhkan 10 ribu tenaga kerja," kata Rudi.

Menang Telak, Tim Futsal Kepri Berpeluang Lolos PON XX Tahun 2020

KECELAKAAN DI BATAM - Mobil Masuk Dam Muka Kuning Batam, INI Foto Evakuasi Kendaraan

Diakuinya investor ini akan membuka lapangan kerja sekitar 10 ribu orang, selama 5 tahun kedepan. Diperkirakan mulai beroperasi sejak Januari 2020 mendatang.

Ia melanjutkan perusahaan itu akan membangun Maintenance Repair, Overhaul (MRO) dan pabrikasi pesawat. Nilai investasi itu diakui setelah pihaknya bertemu dengan calon investornya.

Hal ini diungkapkan sebelum melakukan ziarah ke makam Zuriat Nong Isa di Nongsa. Rudi mengajak warga Nongsa, menyiapkan diri. Sehingga dapat direkrut sebagai tenaga kerja untuk mendukung pengoperasian perusahaan investor itu.

Warga didorong untuk ikut pelatihan jika balai latihan kerja (BLK) sudah selesai dibangun, di Nongsa.

"Di Nongsa, akan dibangun Balai Latihan Kerja (BLK). Sehingga saya harap warga Nongsa, semua masuk ke balai latihan. Agar semua bisa maju. Tapi tidak begitu saja masuk. Kita butuh pendidikan dasar. Sehingga bisa mengikuti pelatihan sesuai dengan kebutuhan," himbau Rudi.

Ditanya Kapolresta Barelang Motifnya, Pelaku Pecah Kaca Ini Ngaku Tak Kunjung Dapat Kerjaan

Pelaku Kejahatan Pecah Kaca Ini Ngaku Belajar Dari Youtube, Ekspose Kasus Curas di Batam

Menurutnya, Nongsa memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi. Untuk pendidikan, Rudi mengimbau agar seluruh warga Nongsa tak bermain-main. Bidang teknik pesawat sangat dibutuhkan kedepannya.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved