VIDEO - Jet Tempur TNI AU Patroli Udara, Antispasi Pesawat dan Kapal Asing Terobos Wilayah NKRI

patroli udara pengamanan alur laut kepulauan di Indonesia oleh Skuadron Udara 12 Panther Hitam yang menggunakan pesawat Hawk 100/200.

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Beberapa waktu lalu mungkin Masyarakat kota Batam diherenkan dengan lalu lalang pesawat tempur milik TNI AU yang mengitari wilayah udara Kota Batam.

Kegiatan lalu lalang pesawat tempur tersebut merupakan patroli udara pengamanan alur laut kepulauan di Indonesia oleh Skadron Udara 12 Panther Hitam yang menggunakan pesawat Hawk 100/200.

Komandan Pangkalan Udara Hang Nadim Batam Letkol Penerbang Urip Widodo mengatakan patroli tersebut merupakan salah satu antipasi agar kapal dan pesawat asing yang tidak memiliki ijin tidak memasuki kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

"Dimana Arul laut merupakan bagian teritorial Indonesia untuk mengantisipasi terhadap lalu lintas udara dan laut yang kita jaga agar tidak ada gerakan yang melanggar batas kita tanpa ada ijin dari pihak yang berwenang," ujar Urip pada Rabu (18/12/2019)

Urip menjelaskan operasi udah dari skuadron 12 itu diselenggarakan selama satu Minggu dari tanggal 11 Desember 2019 hingga 18 Desember 2019

"Operasi digelar mulai tanggal 11 Desember 2019 sampai tanggal 18 Desember 2019," Ujar

Komandan Danlanud Hang Nadim itu juga mengatakan bahwa hari ini Rabu (18/12/2019) skuadron 12 yang berpatroli kemaren direncanakan akan kembali ke pangkalan udara Lanud Roesmin Nurjadin pekanbaru.

"Dan rencananya hari kita akan kembali ke skuadron 12  udara Pekanbaru dan pull outnya  direncanakan besok dengan di dukung dengan pesawat udara C 130 Hercules," ujarnya.

Dari patroli selama seminggu tersebut diharapkan mengurang pihak asing yang ingin menerobos teritorial NKRI semakin berkurang.

 

"Hasil Dengan adanya patroli yang kita lakukan penerbang dari luar maupun lalulintas kapal asing yang semula mungkin berniat melanggar batas wilayah kita bisa berkurang dengan kehadiran pesawat kita yang berpatroli di batas wilayah," ujar Urip

Urip juga menjelaskan bahwa patroli yang dilakukan pihaknya merupakan patroli rutin dan di tahun depan direncanakan akan semakin digencarkan terutama di wilayah kota Batam yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga.

"Dan ini merupakan partoli yang rutin kita lakukan untuk menjaga batas wilayah kita dan tahun depan akan kita gencarka lagi patroli serupa terkhusus di wilayah kota Batam yang dimana wilayahnya sangat strategis dan berbatasan langsung dengan beberapa  negara tetangga," Ujarnya.(Bob)

(TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN)

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved